PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI POKOK PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF 01 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

M. MIFTACHUL, FAUZI (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI POKOK PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MA’ARIF 01 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
M. MIFTACHUL FAUZI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MATERI POKOK PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MAARIF 01 GENTASARI KEC. KROYA KAB. CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah interaksi yang terjadi antara guru dan peserta didik dalam sebuah setting belajar. Dalam pembelajaran, guru berperan penting dalam tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Namun, terkadang dalam usahanya mencapai tujuan dari sebuah pembelajaran, guru menghadapi berbagai masalah terkait pembelajaran yang dilaksanakannya. Permasalahan ini jika dibiarkan saja maka bisa berdampak buruk bagi hasil belajar yang diraih oleh para peserta didik. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh guru adalah rendahnya pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diraih oleh para peserta didiknya. Pangkal permasalahan tersebut bisa dari kurangnya variasi dalam pembelajaran atau minimnya penggunaan media pembelajaran. Permasalahan mengenai rendahnya pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) juga dialami oleh peserta didik kelas IV MI Ma’arif 01 Gentasari pada mata pelajaran matematika, sehingga perlu untuk segera dilakukan perbaikan. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tujuan untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Ma’arif 01 Gentasari dan objek penelitiannya adalah penggunaan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pengukuran panjang dan berat. Metode penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Untuk alur PTK ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pengukuran panjang dan berat pada peserta didik kelas IV MI Ma’arif 01 Gentasari. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat peningkatan persentase pencapaian KKM (pra siklus 31%, Siklus I, 69% dan Siklus II, 100%)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika, Pengunaan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftahul Fauzi sdr
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:08
Last Modified: 11 Feb 2021 04:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9325

Actions (login required)

View Item View Item