Moderasi Beragama dalam Media Sosial (Analisis Wacana Model Van Dijk pada Channel Youtube Najwa Shihab)

Laila, Fitria Anggraini (2021) Moderasi Beragama dalam Media Sosial (Analisis Wacana Model Van Dijk pada Channel Youtube Najwa Shihab). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laila Fitria Anggraini_Moderasi Beragama dalam Media Sosial (Analisis Wacana Model Van Dijk pada Channel Youtube Najwa Shihab).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Moderasi beragama adalah suatu aktivitas yang tidak menyimpang dari ketetapan atau aturan yang telah disepakati sebelumnya. Kata ini biasa dihadapkan dengan ekstremisme dan radikalisme yang berarti bisa diartikan bahwa moderasi merupakan bentuk sikap seseorang yang memiliki nilai-nilai kejujuran, keadilan, kasih sayang serta toleransi terhadap orang lain. Sikap ini lantang disuarakan oleh Kementrian Agama dan para tokoh ulama seperti M. Quraish Shihab. Mengingat Indonesia merupakan Negara yang memiliki keberagaman agama dan budaya, maka perlu adanya pandangan moderasi beragama untuk mencegah adanya intoleransi perbedaan tersebut. Beragama di Indonesia menjadi objek ilmu yang banyak dikaji di lingkungan atau instansi formal maupun non formal sehingga wacana ini menjadi opini publik yang disorot oleh masyarakat. Media sosial sebagai saluran atau mediator yang efektif untuk seseorang dalam mewacanakan moderasi beragama yang ditunjukkan dalam bentuk tulisan maupun audio visual. Penelitian ini meneliti tentang wacana moderasi beragama di Media Sosial Youtube. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis wacana tentang moderasi beragama di media sosial Youtube pada channel Youtube Najwa Shihab program acara Shihab & Shihab Edisi Ramadhan 2020. Penelitian ini menggunakan metode observasi non partisipan dan metode dokumentasi untuk melengkapi data- data tentang objek penelitian. Objek dari penelitian adalah konstruksi wacana moderasi beragama yang muncul dalam program Shihab & Shihab Edisi Ramadhan 2020 pada channel Youtube Najwa Shihab yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model Van Dijk yang mana meneliti teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan terhadap program Shihab & Shihab edisi Ramadhan 2020 tentang wacana moderasi beragama, peneliti menyimpulkan sebagai berikut: M. Quraish Shihab dan juga Najwa Shihab terlihat secara lantang menyuarakan sikap moderasi beragama dengan memberikan pemahaman yang jelas serta penggunaan bahasa yang universal sehingga mudah untuk dipahami oleh masyarakat Indonesia. Wacana moderasi beragama ini tentu berpengaruh besar terhadap sikap masyarakat, mengingat M. Quraish Shihab merupakan seorang ilmuwan dan tokoh ulama besar yang memiliki kekuatan dalam menyampaikan pemahaman tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana, Moderasi Beragama, Shihab & Shihab Edisi Ramadhan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.6 Religious Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Laila Fitria Anggraini
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:42
Last Modified: 11 Feb 2021 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9309

Actions (login required)

View Item View Item