IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI NEGERI 1 BANYUMAS

Endang, Oktavia (2021) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENDANG OKTAVIA MAYANGSARI _IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI NEGERI 1 BANYUMAS KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik pada tema indahnya keragaman di negeriku berupa teknik-teknik penilaian autentik. Selain itu skripsi ini juga membahas faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik tersebut digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskriptif yang disajikan pada hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik tema indahnya keragaman di negeriku di MI Negeri 1 Banyumas meliputi penilaian afektif, penilaian kognitif, dan penilaian psikomotorik. Penilaian afektif berupa penilaian observasi, penilaian diri, dan penilaian antar peserta didik. Penilaian kognitif berupa penilaian tertulis, penilaian lisan, dan penilaian penugasan. Sedangkan penilaian psikomotorik berupa penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. Penilaian autentik tersebut terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung diantaranya kerjasama antar guru dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu yang terbatas. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan penilaian terhadap pendidikan di indonesia. Solusi dari hambatan pelaksanaan penilaian autentik adalah guru dapat melakukan penilaian secara bertahap agar semua penilaian dapat digunakan dan tidak keteteran. Guru juga harus memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Endang Oktavia Mayangsari sdri
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:26
Last Modified: 01 Feb 2021 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9186

Actions (login required)

View Item View Item