Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Gambar Anak Usia Dini Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Di TK Masyithoh 25 Sokaraja Tengah

Siti, Soimah (2020) Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Gambar Anak Usia Dini Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Di TK Masyithoh 25 Sokaraja Tengah. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SITI SOIMAH_PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui media gambar anak usia dini pada kegiatan ekstrakurikuler di TK Masyithoh 25 Sokaraja Tengah. Sehingga diharapkan dari penelitian ini dapat menambah dan memperkaya guru dalam mengajarkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini menggunakan berbagai media terutama media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif sehingga permasalahannya dibahas melalui studi lapangan yang dilakukan di TK Masyithoh 25 Sokaraja Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelompok B yaitu kelompok Bahran. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru bahasa Inggris kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar yang digunakan dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Masyithoh 25 Sokaraja Tengah adalah media gambar diam yaitu berupa gambar poster, dan gambar karikatur. Guru juga sesekali menggambar di papan tulis untuk memudahkan anak-anak melihat lebih jelas. Pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui media gambar di TK Masyithoh 25 Sokaraja Tengah dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Inggris, Media gambar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:56
Last Modified: 01 Feb 2021 03:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9173

Actions (login required)

View Item View Item