PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MASA COVID-19 DI MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Suhendra, Hendra (2020) PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING PADA MASA COVID-19 DI MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab 5_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suhendra_Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran berbasis daring pada masa covid-19 di MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam peningkatan hasil belajar. Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya menumbuhkan motivasi belajar yang pada akhirnya hasil belajar siswa meningkat. Hal ini menjadikan tanpa alasan untuk melaksanakan pembelajaran dimanapun, kapanpun, dan dalam kondisi apapun. Pemanfaatan media smartphone dalam pembelajaran daring di masa covid-19 merupakan langkah efektif yang dapat dilakukan agar pembelajaran tetap berlangsung dan lebih bermakna. Dalam penelitian ini, masalah utama yang dibahas adalah bagaimana pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran berbasis daring pada masa covid-19 dan bagaimana hambatan yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media tersebut pada masa covid-19 di MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait pemanfaatan smarthphone sebagai media pembelajaran berbasis daring pada masa covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran berbasis daring pada masa covid-19 di MI Ma’arif 07 Karangmangu terdapat tiga tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan, guru memanfaatkan Smartphone sebagai mesin pencari untuk mencari materi, bahan ajar, RPP, dan juga membuat media pembelajaran sendiri. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran daring disampaikan melalui aplikasi whatsapp, guru menggunggah materi dan penugasan, sedangkan siswa mengunduh dan mengikuti instruksi/petunjuk pembelajaran yang diungggah guru. Tahap evaluasi pada pembelajaran daring menggunakan penugasan berupa latihan soal, prakarya atau praktik dan pengambilan penilaian tengah semester (PTS) menggunakan layanan google form.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Daring, Media Pembelajaran, Smartphone
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Suhendra S
Date Deposited: 28 Jan 2021 02:06
Last Modified: 28 Jan 2021 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9170

Actions (login required)

View Item View Item