INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Ikhsan, Nur Fahmi (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I-Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ikhsan Nur Fahmi_Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Siswa di SMA Ma'arif NU 1 Kemranjen Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Islam adalah agama yang membawa pesan perdamaian di dunia, namun eksklusifitas dan ekstremisme dalam beragama membuat citra Islam menjadi buruk. Di sinilah pentingnya moderasi Islam dibangun atas dasar filosofi universal dalam hubungan sosial kemanusiaan. Sekolah menjadi tempat yang tepat untuk menyebarkan sensivitas peserta didik pada ragam perbedaan. SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen sebagai lembaga pendidikan formal mampu melakukan internalisasi nilai-nilai moderasi Islam bagi peserta didik melalui kegiatan pembelajaran juga kegiatan lain yang ada di sekolah. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang internalisasi nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran PAI di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen dengan fokus penelitian yakni bagaimana bentuk, proses, dan strategi internalisasi nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran PAI, serta bagaimana implikasinya terhadap sikap sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma postpositivisme. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk internalisasi nilai moderasi Islam dalam pembelajaran PAI di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen dilakukan dengan tiga bentuk yaitu: melalui kegiatan pembelajaran PAI di dalam kelas, melalui kegiatan keagamaan, melalui muatan lokal sekolah. Adapun nilai moderasi Islam yang diinternalisasikan dalam pembelajaran PAI yakni nilai keadilan (a’dalah), keseimbangan (tawazun), dan toleransi (tasamuh). (2) Poses internalisasi nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran PAI di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen dilakukan melalui: tahapan transformasi nilai, tahapan transaksi nilai, dan tahapan transinternalisasi nilai. (3) Strategi yang dilakukan dalam menginternalisasikan nilai moderasi Islam dalam pembelajaran PAI di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen yaitu: pengenalan, pembiasaan, keteladanan, dan pengamalan. (4) Implikasi internalisasi nilai moderasi Islam terhadap sikap sosial siswa di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen yakni terbiasa melaksanakan ibadah, menghormati guru dan teman, peduli sosial, toleran, disiplin, tanggap terhadap lingkungan, dan taat peraturan. Kata kunci: Internalisasi nilai-nilai moderasi Islam, pembelajaran PAI, sikap sosial siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Islam, Pembelajaran PAI, Sikap Sosial Siswa.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikhsan Nur Fahmi
Date Deposited: 27 Jan 2021 00:28
Last Modified: 27 Jan 2021 00:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9165

Actions (login required)

View Item View Item