STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PEKUNCEN BANYUMAS

MIFTAHUDIN, NIM. 082338040 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PEKUNCEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MIFTAHUDIN_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PEKUNCEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting bagi umat Islam dimana pun berada, baik bagi anak-anak, remaja maupun orang tua. Apalagi bagi anak usia sekolah, maka pendidikan Agama Islam merupakan sebuah keharusan. Karena usia anak sangat rentan dan labil maka perlu adanya pondasi agama yang bisa di jadikan pedoman agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi muslim yang mempunyai benteng keimanan dan ketakwaan yang kokoh. Dalam pembelajarannya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka di perlukan strategi yang tepat dan menyenangkan. Sehingga materi pendidikan Agama Islam yang ada dapat di terima dan di pahami anak dengan baik. Lokasi penelitian yang penulis lakukan yaitu di SMP N 2 Pekuncen yang merupakan salah satu sekolah unggulan yang berada di pusat kecamatan Pekuncen. Berdasarkan evaluasi pembelajaran PAI, hasil yang di dapat selalu memuaskan. Hal ini tidak lepas dari usaha yang dilakukan guru dalam mengemas pembelajaran sehingga siswa dapat memahami dengan baik. Untuk itu permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah “Apa saja strategi yang di gunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Pekuncen dan bagaimana penerapan dari masing-masing strategi tersebut?” Jadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendapatkan data tentang macam-macam strategi yang di terapkan dan langkah-langkah penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis penelitian lapangan (field research). Dan metode yang di gunakan penulis pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan di sajikan dalam bentuk deskriptif analisis non statistik. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam. Sedang proses pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru PAI, siswa dan kepala sekolah SMP N 2 Pekuncen. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melakukan penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa strategi yang di gunakan di SMP N 2 Pekuncen cukup bervariasi meliputi strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran kontekstual, dan strategi pembelajaran aktif yang terdiri dari peer lesson, modelling the way, information search dan roll playing. Sedang proses penerapan masing-masing strategi tersebut sudah cukup baik sesuai dengan teori strategi pembelajaran. Namun di dasarkan pada keadaan siswa dan kelas yang berbeda satu sama lain, maka terkadang guru melakukan inovasi pada penerapan strategi tersebut, agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan tujuan pembelajaran tetap tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:07
Last Modified: 29 Aug 2016 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item