ANALISIS BUKU BELAJAR PRAKTIS TEMATIK TERPADU SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR TEMA 8 (KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN)

Ulfia, Fikriani (2020) ANALISIS BUKU BELAJAR PRAKTIS TEMATIK TERPADU SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR TEMA 8 (KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ulfia Fikriani_ Analisis bukubelajar praktis tematik terpadu siswa kelas II Sekolah Dasar Tema 8(Keselamatan di rumah dan perjalanan).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah perubahan untuk memanusiakan manusia yang dilakukan secara sadar dengan mengembangkan bakat dalam diri yang berguna bagi diri sendiri, bangsa dan negara. Dalam implementasi pendidikan di sekolah sumber belajar tidak dapat dipisahkan. Sumber belajar paling umum dijumpai adalah buku. Untuk mendapatkan buku dengan kualitas bagus, enak dibaca, maka diperlukan adanya analisis buku. Sehubung dengan hal tersebut pemerintah mengatur kriteria buku teks dan buku non teks harus memenuhi unsur kelayakan dalam peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016. Dengan ini penulis merasa perlu adanya penelitian tentang buku belajar praktis tematik terpadu siswa kelas II Sekolah Dasar tema 8 (keselamatan di rumah dan perjalanan) dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kesesuaian aspek materi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan buku belajar praktis tematik terpadu siswa kelas II Sekolah Dasar tema 8 (keselamatan di rumah dan perjalanan) dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis study kepustakaan (library research). Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini berupa kesesuaian kebahasaan, kesesuaian materi dan kesesuaian aspek penyajian materi dalam buku praktis tematik terpadu kelas II Sekolah Dasar tema 8 (keselamatan di rumah dan perjalanan) dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan secara garis besar bahwa buku tematik terpadu siswa kelas II Sekolah Dasar tema 8 (keselamatan di rumah dan perjalanan) sebagian besar aspek materi, kebahasaan penyajian dan kegrafikan buku sudah memenuhi Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008 Tahun 2016, namun masih perlu adanya ketelitian dalam penggunaan kata istilah asing, tanda baca yang tepat serta penyajian kegrafikan buku perlu diperbaiki dan dilengkapi. Kata kunci: Buku Tematik, Kelas II Sekolah Dasar, Tema 8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Tematik, Kelas II Sekolah Dasar, Tema 8
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfia fikriani sdr
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:21
Last Modified: 22 Jan 2021 04:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9159

Actions (login required)

View Item View Item