METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS RENDAH DAN KELAS TINGGI DI SD NEGERI 1 TAMBAKSOGRA KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ABDURRAHMAN, NIM. 082331183 (2016) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS RENDAH DAN KELAS TINGGI DI SD NEGERI 1 TAMBAKSOGRA KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABDURRAHMAN_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS RENDAH DAN KELAS TINGGI DI SD .pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting. Metode pembelajaran harus dilaksanakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Dengan metode pembelajaran yang digunakan, seorang pendidik dapat menyampaikan materi secara maksimal sehingga siswa dapat dengan mudah memahami apa yang disampaikan guru. Seorang pendidik harus bisa memilih metode pembelajaran yang harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaiakan serta situasi dan kondisi siswa. Lokasi penelitian yang penulis lakukan yaitu di SD Negeri I Tambaksogra lebih tepatnya kelas rendah atau kelas II dan kelas tinggi yaitu kelas V. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam selalu memuaskan. Hal ini tidak lepas dari usaha yang dilakukan pendidik dalam menyampaikan pembelajaran sehingga siswa dapat memahami dan mencerna dengan baik apa yang disampaikan pendidik dengan metode pembelajaran yang digunakan. Fokus masalah dalam skripsi ini diarahkan pada “metode pembelajaran yang digunakan serta penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas rendah dan kelas tinggi di SD Negeri I Tambaksogra tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas rendah dan kelas tinggi di SD Negeri I Tambaksogra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber primer dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa kelas II dan kelas V, untuk sumber data sekunder yaitu kepala SD Negeri I Tambaksogra. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penulis lakukan dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Sedangkan metode yang penulis gunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melakukan penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa metode yang digunakan di SD Negeri I Tambaksogra bervariasi yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, dan metode latihan (drill). Sedangkan penerapan masing-masing metode sudah disesuaikan dengan materi, indikator, dan karakter siswa. Dalam pembelajaran terkadang guru melakukan inovasi agar pembelajaran tidak monoton sehingga siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran serta tujuan pembelajaran tetap tercapai dengan maksimal sesuai yang sudah direncanakan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kelas Rendah dan kelas tinggi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:02
Last Modified: 29 Aug 2016 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item