STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DALAM PENGEMBANGAN TAMAN BACA MASYARAKAT DI TAMAN BACA ASMA NADIA SUMBANG BANYUMAS

Arin, Waisah (2020) STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DALAM PENGEMBANGAN TAMAN BACA MASYARAKAT DI TAMAN BACA ASMA NADIA SUMBANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARIN WAISAH_STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE DALAM PENGEMBANGAN TAMAN BACA MASYARAKAT DI TAMAN BACA ASMA NADIA SUMBANG BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh penulis membahas tentang Strategi Membangun Brand Image dalam Pengembangan Taman Baca Masyarakat di Taman Baca Asma Nadia Sumbang Banyumas. Latar belakang dari penelitian ini adanya urgensi dari strategi dalam pengelolaan bidang kehidupan, pentingnya pelestarian sejarah melalui perpustakaan dan kekhawatiran akan perkembangan teknologi yang lebih banyak dampak negatifnya bagi anak-anak jika tidak ada pengawasan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan memahami terkait strategi membangun brand image dalam pengembangan taman baca masyarakat yang diterapkan oleh taman baca Asma Nadia Sumbang Banyumas. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Sumber data tersebut melalui dokumen tertulis maupun lisan dari subjek yang diteliti oleh penulis. Teknik-teknik yang digunakan guna menghasilkan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data, penulis menggunakan tiga langkah, yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sasaran penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu Pengelola Taman Baca Asma Nadia Sumbang Banyumas. Hasil penelitian dari Strategi Membangun Brand Image dalam Pengembangan Taman Baca Masyarakat di Taman Baca Asma Nadia Sumbang Banyumas menunjukan bahwa strategi yang digunakan sudah dilakukan analisis SWOT. Penekanan pengembangan TBM melalui program yang inovatif dan akses bagi pemustaka secara gratis. Namun, untuk sumber daya manusia, sumber daya pendukung, dan sumber dana belum tersedia secara maksimal karena secara keseluruhan seluruh proses pengelolaan dilakukan secara independen tanpa ada mitra kerja secara terikat. Kata Kunci: Strategi, Brand Image,Taman Baca Masyarakat The research conducted by the author discusses the Strategy of Building a Brand Image in the Development of a Community Reading Park in Asma Nadia Sumbang Reading Park, Banyumas. The background of this research is the urgency of a strategy in the management of the field of life, the importance of preserving history through libraries and concerns about technological developments which have more negative impacts on children if there is no supervision. The purpose of this research is to find out and understand the strategy of building a brand image in the development of a community reading garden implemented by Asma Nadia Sumbang Banyumas reading park. This research is a type of field research that uses qualitative methods that produce descriptive data. The source of the data is through written or oral documents of the subjects studied by the author. The techniques used to generate data are in the form of observation, interviews, and documentation. In data analysis techniques, the authors use three steps, namely data reduction techniques, data presentation, and data verification. The target of the research carried out by the author is the Asma Nadia Sumbang Banyumas Reading Park Manager. The results of the research on the Strategy of Building a Brand Image in the Development of a Community Reading Park in Asma Nadia Sumbang Reading Park, Banyumas show that the strategies and efforts made by the manager of TBM Asma Nadia Sumbang to develop TBM are in accordance with the principles of TBM Rintisan TBM development strategy can be seen from the planning aspects, implementation aspects, assessment aspects and branding aspects. Efforts to maintain the brand image or image of the community towards the existence of a community reading park can be concluded as successful through the satisfaction of TBM users and partners who are constantly developing Community Reading Gardens (TBM). Keywords: Strategy, Brand Image, Community Reading Gardens

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Brand Image, Taman Baca Masyarakat
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 027 General libraries
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arin Waisah
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:10
Last Modified: 18 Jan 2021 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9139

Actions (login required)

View Item View Item