PENGARUH HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN ALLYAMART GROSIR DAN ECERAN BUNTU BANYUMAS)

VIGIT, BAYU PRIHANTOKO (2021) PENGARUH HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN ALLYAMART GROSIR DAN ECERAN BUNTU BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
VIGIT BAYU PRIHANTOKO_PENGARUH HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN _STUDI KASUS PADA KONSUMEN ALLYAMART GOSIR DAN ECERAN BUNTU BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dunia pemasaran seiring berkembangnya zaman bisnis ritel tidak pernah terhindar dari namanya persaingan, salah satu syarat yang perlu dilakukan perusahaan ritel swalayan untuk mencapai sukses dalam persaingan yang semakin ketat ini adalah dengan cara menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor stimulus pemasaran. Harga dan kelengkapan produk merupakan faktor stimulus yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena paling sensitif mendasari konsumen untuk memilih tempat belanjanya. Konsumen cenderung memilih tempat yang menawarkan produk lengkap dan harga yang sesuai dengan manfaat yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian di Allyamart Grosir dan Eceran Buntu Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3000 konsumen diperoleh dari jumlah rata-rata pengunjung yang melakukan transaksi dalam satu bulan. Rumus sampling yang digunakan menggunakan rumus Slovin diperoleh sebanyak 97 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan insidental sampling. Metode analisis yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan pengujian statistik secara parsial (uji t) menunjukkan t hitung 3,085 > t tabel 1,985 dan nilai signifikan 0,003 < 0,05, maka dapat diartikan bahwa variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel kelengkapan produk menunjukkan t hitung 6,391 > t tabel 1,985 dan signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat diartikan bahwa variabel kelengkapan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F), nilai F hitung 56,591 > F tabel 3,09 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya variabel harga dan kelengkapan produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Angka R square menunjukkan sebesar 0,546 menunjukkan bahwa 54,6%, variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga dan kelengkapan produk. Sedangkan sisanya yaitu 45,4% dijelaskan oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Harga, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga,Kelengkapan Produk,Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Vigit Bayu Prihantoko
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:09
Last Modified: 18 Jan 2021 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9137

Actions (login required)

View Item View Item