PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AL-FATAH PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA

ANNISA NUR OKTAVIANA, NIM. 1123302034 (2016) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AL-FATAH PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANNISA NUR OKTAVIANA_PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AL-F.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar, sehingga mereka dapat mencapai tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. MI Al Fatah Parakancanggah Banjarnegara merupakan salah satu pendidikan formal yang mengajarkan bahasa Arab, dan madrasah tersebut merupakan salah satu sekolah yang telah menjadi mitra USAID dan mengadakan program khusus tahfidz. Dengan demikian perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana penerapan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab sudah tepat. Strategi-strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab diantaranya adalah index card match, metode audiolingual, metode langsung, strategi card short, strategi teks acak, group resume, dan formasi tempat duduk siswa. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab adalah adanya minat belajar siswa yang tinggi, sikap profesional guru yang selalu berusaha mengaktifkan siswa dalam belajar, suasana segar dan gembira dalam proses pembelajaran, dan adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk proses pembelajaran. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan menyampaikan pendapatnya dan latar belakang siswa yang berbeda satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi active learning, bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:34
Last Modified: 29 Aug 2016 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item View Item