IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs N 2 BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA

Fatkhatul, Mubarokah (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs N 2 BANJARNEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
FATKHATUL MUBAROKAH (IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs N 2 BANJARNEG~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya masalah yang ditemukan oleh siswa dalam belajar bahasa Arab karena merupakan bahasa Asing. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi strategi active learning pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs N 2 Banjarnegara agar materi bahasa Arab tersampaikan dengan baik. Adapun hakikat belajar bahasa Arab adalah merubah konsep bahasa menjadi berbahasa. Dalam mempelajari bahasa Arab siswa diharapkan mampu terampil dalam keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Penelitian ini berfokus pada : “Bagaimana implementasi strategi active learning pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs N 2 Banjarnegara”. Implementasi setiap strategi yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan tentunya membuat proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisisen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan yang pasti (konkret) dan bisa dipertanggungjawabkan dari strategi yang diterapkan oleh guru di kelas VII MTs N 2 Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Analisis datanya menggunakan model Miles and Huberman, adapun teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa macam-macam strategi active learning yang diimplementasikan di kelas VII MTs N 2 Banjarnegara yaitu: Strategi Card Sort (sortir kartu), Strategi al-asrar al-mutasalsil (bisik berantai), Strategi al-kalimah al mutaqaati’ah/ tausi’ul mufradat (teka-teki silang), Strategi Index Card Match (menjodohkan kartu), dan metode yang mendukung strategi aktif dalam penerapannya., yaitu metode pemberian tugas dan resitasi, diskusi dan metode ceramah. Adapun langkah-langkahnya secara umum sudah sesuai dengan teori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Strategi Active Learning dan Mata Pelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 00:48
Last Modified: 29 Aug 2016 00:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item