IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA KOMUNITAS KAFILAH PEMBELAJAR AL-QUR'AN NUSANTARA (KPQN) DI DESA BROBOT KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Rofiqoh, Rizqi Apriani (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA KOMUNITAS KAFILAH PEMBELAJAR AL-QUR'AN NUSANTARA (KPQN) DI DESA BROBOT KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rofiqoh Rizqi Apriani_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Saat ini masih banyak umat islam yang belum bisa membaca Al-Qur'an. Maka dari itu saat ini telah banyak kelompok komunitas yang mewadahi pembelajaran membaca Al-Qur’an. Salah satu komunitas yang dapat memudahkan masyarakat untuk belajar membaca Al-Qur’an yaitu komunitas Kafilah Pembelajar Al-Qur’an Nusantara (KPQN) yang cara pengajarannnya praktis dan simple serta menyenangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang Implementasi pembelajaran membaca Al-Qur'an pada komunitas KPQN di desa brobot kecamatan Bojongsari kabupaten Purbalingga. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an pada komunitas KPQN di desa Brobot kecamatan Bojongsari kabupaten Purbalingga, apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai implementasi pembelajaran membaca Al-Qur'an untuk meningkatkan minat dalam belajar dan memberantas buta huruf Al-Qur'an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah ustadz Slamet Turyanto selaku pengajar sekaligus ketua komunitas KPQN di Purbalingga. Sedangkan objek penelitian yaitu para masayrakat/santri yang belajar mebaca Al-Qur’an pada komunitas KPQN di desa Brobot kecamatan Bojongsari Purbalingga. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dengan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan Langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur'an pada komunitas KPQN sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran, materi pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur'an difokuskan pada cara pembacaan Al-Qur'an dengan baik dan benar. Metode yang di gunakan dalam pembelajaran ini adalah metode ceramah, tanya jawab, dan metode drill. Adapun evaluasi yang digunakan ustadz adalah evaluasi harian, tetapi tidak tertulis. Semua rangkaian proses pembelajaran membaca Al-Qur'an tersebut sudah berjalan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran membaca Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rofiqoh Rizqi Apriani sdr
Date Deposited: 07 Nov 2020 15:40
Last Modified: 07 Nov 2020 15:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9009

Actions (login required)

View Item View Item