KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MIN 1 BANYUMAS

Asep Henry, Habibulloh (2020) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MIN 1 BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustakaa.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Asep Henry Habibulloh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MIN adalah lembaga pendidikan dasar formal negeri di bawah pengelolaan Kementerian Agama RI sehingga sumber pembiayaan utama berasal dari pemerintah. Namun demikian jumlahnya sangat standar dan terbatas. Padahal pengelolaan pembiayaan yang baik sangat mendukung terhadap prestasi madrasah. Sehingga madrasah memerlukan sumber pembiayaan di luar dari pemerintah. Salah satunya adalah bersumber dari masyarakat atau komite madrasah. MIN 1 Banyumas termasuk salah satu lembaga yang berhasil mengembangkan pengelolaan pembiayaan yang bersumber dari masyarakat. Sehingga tak heran banyaknya prestasi yang ditoreh baik dari prestasi akademik maupun non akademi merupakan dampak dari dukungan pembiayaan pendidikan. Tentunya keberhasilan ini tidak bisa dilepaskan salah satunya dari figur central kepala madrasah. Sebagai manajer yang bertanggungjawab dalam mengelola MIN 1 Banyumas. Dalam mengelola madrasah dibutuhkan sejumlah kompetensi yang harus dimiliki kepala madrasah. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi manajerial. Berangkat dari teori Katz yang dikembangkan Yukl kompetensi manajerial yang harus dimiliki kepala sekolah sebagai seorang manajer didalam mengelola lembaga yang dipimpinnya agar berjalan efektif. Harus memiliki tiga ketrampilan (Skill) yaitu Conceptual Skill, Human Relation Skill, Technical Skill. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Pembiayaan MIN 1 Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Langkah-langkahnya adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Tujuan penelitian ini; Pertama, mengidentifikasi kompetensi manajerilal kepala madrasah dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan; Kedua, menjelaskan dan menganalisis kompetensi kepala Madrasah dalam pengelolaan pembiayaan di MIN 1 Bayumas Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, Conceptual Skill Kepala MIN 1 Banyumas a) memahami kompleksitas komponen yang ada dilingkungan madrasah; b) memiliki kemampuan memecahkan masalah dan memiliki solusi dalam pembiayaan pendidikan dengan mengembangkan ide-ide yang tertuang dalam program secara kreatif; c) memiliki kemampuan menganalisis peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan madrasah yang mempengaruhi pengelolaan pembiayan pendididikan; d) memiliki kemampuan mengantisipasi terhadap perubahan-perubahan; e) memiliki kemampuan melihat peluang dan potensi masalah di lingkungan MIN 1 Banyumas dan pengaruhnya terhadap pengelolaan pembiayaan pendidikan. Kedua, Human Relation Skill Kepala MIN 1 Banyumas a) mampu berkomunikasi secara efektif keberbagai pihak; b) memiliki kesadaran berorganisasi; c) mengakomodir kebutuhan orang tua peserta didik, komite dan pendidik; d) bekerjasama dengan berbagai pihak; e) memberikan pelayanan prima dan pelayanan yang mudah; f) mendelegasikan pekerjaan dengan baik. Ketiga, Technical Skill Kepala MIN 1 Banyumas a) memahami sumber-sumber pembiayaan dan peruntukannya dalam mendukung pelaksanaan program sesuai perencanaan; b) melakukan pengelolaan secara profesional, trasparan dan akuntabel. Kata kunci: Kompetensi, Manajerial, Kepala Madrasah, Pembiayaan Pendidikan  ABSTRACT MANAGERIAL COMPETENCY OF MADRASAH'S HEAD IN MANAGEMENT OF EDUCATION FINANCE IN MIN 1 BANYUMAS Asep Henry Habibulloh NIM. 1617651004 MIN is a formal state basic education institution under the management of the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia so that from the perspective of funding sources it comes from the government. However the orders are very standard and limited. In fact, good financial management is very supportive of madrasah performance. So that madrasas need sources of financing outside the government. One of them is sourced from the community or madrasa committee. MIN 1 Banyumas is one of the institutions that has succeeded in developing community-sourced financing. So it is not surprising that many achievements have been made from both academic and non-academic achievements due to the impact of education funding support. Of course, one of them believes that this cannot be separated from the head of the madrasa center. As a responsible manager in MIN 1 Banyumas. Madrasah owners who are responsible for the competencies of the madrasah principal. One of the competencies possessed is managerial competence. Departing from Katz's theory developed by Yukl, the managerial competencies the principal must have as a manager in the organization he leads to run effectively. Must have three skills (Skill), namely Conceptual Skill, Human Relations Skill, Technical Skill. So the formulation of the problem in this study How is the Managerial Competence of the Head of Madrasah in Financing Management of MIN 1 Banyumas. This research uses qualitative research with a case study approach. The data techniques used in this research are observation, interview and documentation. The data that has been obtained were analyzed using qualitative data analysis methods. The steps are data reduction, data presentation and data levers. The purpose of this research; First, identifying the managerial competence of madrasah principals in financing management; Second, explaining and analyzing the competence of the head of Madrasah in managing MIN 1 Bayumas The results of this study indicate that: first, Conceptual Skill of MIN 1 Banyumas Head a) understand the complexity of the components in the madrasah environment; b) has the ability to solve problems and have a solution in financing education by developing ideas contained in the program creatively; c) have the ability to analyze the events that occur in the madrasa environment that affect the management of education financing; d) have the ability to anticipate changes; e) has the ability to see opportunities and potential problems in the MIN 1 Banyumas environment and their influence on the management of education funding. Second, Human Relation Skill Head of MIN 1 Banyumas a) able to communicate effectively to various parties; b) have organizational awareness; c) accommodate the needs of parents of students, committees and educators; d) cooperate with various parties; e) provide excellent service and easy service; f) delegate the job well. Third, the Technical Skill of the Head of MIN 1 Banyumas a) understands the sources of funding and their allotment in supporting program implementation according to plan; b) carry out management in a professional, transparent and accountable manner. Keywords: Competence, Managerial, Principal of Madrasa Education Funding

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Manajerial, Kepala Madrasah, Pembiayaan Pendidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asep Henry Habibulloh
Date Deposited: 07 Nov 2020 02:12
Last Modified: 07 Nov 2020 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8973

Actions (login required)

View Item View Item