Hana, Nur Azizah (2020) PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DAARUL FALAAH DESA KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover_BAB 1_BAB V_Daftar Pustaka.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
HANA NUR AZIZAH_PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DAARUL FALAAH DESA KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Zaman modern saat ini adanya penanaman akhlak sangat diperlukan. Mulai lunturnya moral anak bangsa merupakan hal yang cukup memprihatinkan. Banyak anak yang mengalami kegagalan dalam penanaman akhlak, hal ini karena banyaknya anak yang masih rendah akhlaknya. Munculnya kenakalan remaja merupakan cermin ketidakberdayaan sistem pendidikan di negeri ini, khususnya pendidikan akhlak. Maka dengan adanya penanaman akhlakul karimah merupakan suatu usaha dalam membentuk budi pekerti yang baik, mulia, dan terpuji pada diri anak. Usaha ini tidak hanya dilakukan oleh keluarga, akan tetapi juga harus ada kerja sama dengan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman akhlakul karimah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Daarul Falaah Desa Karanggambas Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bersifat lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan Ustadz/Ustadzah Madrasah Diniyah Takmiliyah Daarul Falaah Karanggambas. Objek penelitiannya yaitu Penanaman Akhlakul Karimah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Daarul Falaah Karanggambas. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan model interaktif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penanaman akhlakul karimah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Daarul Falaah Desa Karanggambas Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga diterapkan melalui nila-nilai akidah, sopan santun, kedisiplinan, sosial, dan kebersihan. Nilai akidah diterapkan melalui kegiatan pembacaan rotib al hadad, sorogan Al-Qur’an, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Nilai sopan santun diterapkan melalui pembiasaan mencium tangan ustadz/ustadzah ketika bersalaman, meminta izin jika akan meninggalkan ruang kelas, dan memberikan salam ketika akan memasuki ruang kelas. Nilai kedisiplinan diterapkan melalui adanya pemakaian baju seragam. Nilai sosial diterapkan melalui kegiatan infak dan pembiasaan tolong menolong, saling memaafkan, dan mengucapkan terima kasih. Nilai kebersihan diterapkan melalui adanya jadwal piket santri dan pembiasaan membuang sampah pada tempatnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman, Akhlakul Karimah |
Subjects: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sdri Hana Nur Azizah |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 18:04 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 18:04 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8969 |
Actions (login required)
View Item |