KETRAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 2 PURWOKERTO

IMAS WATI SAPUTRI DA’I, NIM. 1223301067 (2016) KETRAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IMAS WATI SAPUTRI DA’I (KETRAMPILAN PENGELOLAAN KELAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 2 PURWOKERTO).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Keterampilan Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar tercapai kondisi optimal sehingga terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan pengelolaan kelas Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Purwokerto, yang meliputi penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dan pengembalian kondisi belajar yang optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah keterampilan pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Purwokerto .Sedangkan subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Purwokerto yaitu bapak Khusni Mubarok S, Pd. I. dan siswa kelas X TAV, MM, TP. Untuk memperoleh informasi dan data-data dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan conclusion drowing atau menarik kesimpulan. Disimpulkan bahwa keterampilan pengelolaan kelas yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Purwokerto memiliki keterampilan pengelolaan kelas yang baik, dapat dilihat dari cara guru menciptakan dan memelihara dan juga pengembalian kondisi belajar yang optimal di sertai dengan beberapa indikator pada 2 komponen tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan pengelolaan kelas, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:25
Last Modified: 25 Aug 2016 04:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item