IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR QARYAH TAYYIBAH PURWOKERTO KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Eka, Irayati (2020) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR QARYAH TAYYIBAH PURWOKERTO KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eka Irayati_Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Qaryah Thayyibah Purwokerto Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MIND MAPPING MERUPAKAN SALAH SATU METODE DALAM PEMBELAJARAN YANG BERFOKUS PADA MENCATAT YANG MEMBANTU KITA MENGINGAT MATERI SERTA DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP MATERI, MEMBANTU MENGORGANISASI MATERI DAN MEMBERIKAN WAWASAN BARU. MIND MAPPING INI KEMBANGKAN OLEH TONY BUZAN. DENGAN ADANYA METODE INI SISWA MENJADI LEBIH AKTIF, MENINGKATNYA KREATIFITAS DAN DAPAT MENERIMA PELAJARAN DENGAN MUDAH. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN MENGETAHUI IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS MERUPAKAN SEKOLAH DASAR INKLUSI YANG MENERIMA LAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK). JENIS PENELITIAN YANG DILAKUKAN ADALAH PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF YANG BERUSAHA MENDESKRIPSIKAN SUATU GEJALA, PERISTIWA, KEJADIAN YANG TERJADI PADA SAAT SEKARANG. SUMBER DATA YANG DIGUNAKAN ADALAH GURU DAN SISWA KELAS IV. TEKNIK PENGUMPULAN DATA DENGAN CARA OBSERVASI, WAWANCARA, DAN DOKUMENTASI. DARI HASIL PENELITIAN DAPAT DISIMPULKAN BAHWA: IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN KELAS IV SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS TELAH DIWUJUDKAN DENGAN 3 TAHAP, YAITU TAHAP PERENCANAAN DENGAN PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP), SILABUS, MEDIA PENDIDIKAN SERTA MATERI YANG AKAN DISAMPAIKAN. TAHAP YANG KEDUA, YAITU TAHAP PELAKSANAAN MERUPAKAN KEGIATAN INTI DALAM MEMBUAT MIND MAPPING ADA YANG INDIVIDU MAUPUN BERKELOMPOK. JIKA BERKELOMPOK GURU MEMBAGI SISWA DALAM BEBERAPA KELOMPOK KEMUDIAN SISWA MENCERMATI/ MEMBACA MATERI, BERDISKUSI DAN SISWA MEMPRESENTASIKAN HASIL DISKUSINYA, DAN DILANJUT MENGERJAKAN SOAL. JIKA INDIVIDU SISWA MENGERJAKAN MIND MAPPING SENDIRI DI PAPAN TULIS ATAUPUN BUKU TULIS DENGAN MANDIRI. TAHAP YANG KETIGA, YAITU EVALUASI PEMBELAJARAN YANG DILAKUKAN GURU MASIH MENGUTAMAKAN PENILAIAN HASIL PADA KOGNITIF (PENGETAHUAN) SISWA MELALUI MENGERJAKAN LATIHAN SOAL DI LKS ATAU PR SEBAGAI TUGAS. KATA KUNCI: METODE MIND MAPPING, PEMBELAJARAN TEMATIK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Ilmiah
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Eka Irayati
Date Deposited: 06 Nov 2020 01:30
Last Modified: 06 Nov 2020 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8901

Actions (login required)

View Item View Item