ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA ONLINE DI SMP NEGERI 1 CILONGOK

Solikhatun, Marfu'ah (2020) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA ONLINE DI SMP NEGERI 1 CILONGOK. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SOLIKHATUN MARFUAH 1617407044.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sampul, Bab I , Bab V, Dapus- Solikhatun Marfuah.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah adanya penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID – 19) yang menyebabkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat No. 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID – 19). Salah satu momok dalam pembelajaran daring adalah matematika. Sifat matematika yang sebagian besar prosedural lebih efektif disampaikan secara tatap muka, sehingga menjadi hambatan tersendiri baik bagi pendidik atau peserta didik dalam proses pembelajaran daring. Hal yang sangat penting untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran jarak jauh terutama pelajaran matematika adalah dengan adanya kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mix method) dengan jenis Sekuensial Eksplanatori. Metode pengumpulan data menggunakan 1) Angket, untuk memperoleh data kemandirian belajar siswa. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan menggunakan cara berpikir induktif 2) Wawancara, untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan kemandirian belajar siswa 3) Dokumentasi, untuk memperoleh dokumentasi yang berhubungan dengan kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandiran belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cilongok dalam pembelajaran matematika secara online berada pada kategori tinggi pada lima indikator, yaitu inisiatif belajar, menetapkan target atau tujuan, memandang kesulitan sebagai tantangan, memilih dan menerapkan strategi belajar, serta mengevaluasi proses hasil belajar. Dan pada indikator mendiagnosa kebutuhan belajar, memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan, serta self efficacy siswa berada pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, pembelajaran matematika, online
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Solikhatun Marfu'ah
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:49
Last Modified: 06 Nov 2020 03:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8900

Actions (login required)

View Item View Item