AKHLAK BERINTERAKSI SOSIAL DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 18-19 (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)

MA’MUN ARIFIN, NIM. 1223301090 (2016) AKHLAK BERINTERAKSI SOSIAL DALAM AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 18-19 (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang paling mulia, yang hidup di bumi. Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, atau makhluk yang tidak bisa hidup sendiri. Dalam kehidupannya manusia harus saling membantu dan saling melengkapi kebutuhannya. Oleh karena itu, proses interaksi antara sesama manusia tidak mungkin terhindarkan. Dalam penelitian ini, masalah yang penulis kaji adalah konsep akhlak berinteraksi sosial dalam al-qur‟an surat Luqman ayat 18-19 dilihat dari pesrpektif pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan konsep yang ada sesuai dengan data yang ditemukan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode dokumentasi. Penulis melakukan analisa data dengan metode analitis (tahlili). Yang dimaksud dengan metode analitis adalah menafsirkan ayat-ayat al-Qur‟an dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufasir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut. Dari surat Luqman ayat 18-19, penulis mendapatkan beberapa perilaku yang mencerminkan akhlak dalam berinteraksi sosial yaitu menghargai orang lain, rendah hati, sederhana dan memiliki jiwa tolerasni. Keempat perilaku menjadi akhlak yang harus peserta didik lakukan saat berinteraksi dengan pendidik dan peserta didik lainnya agar interaksi bisa berjalan dengan baik. Dengan interaksi yang baik, peserta didik akan mandapatkan hasil yang maksimal dalam belajar. Karena ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh pendidik bisa didapatkan dengan interaksi dengan pendidik. Sedangkan interaksi dengan peserta didik juga memiliki pengaruh terhadap keberhasilannya dalam belajar. Karena mereka yang menjadi teman dalam belajar yang akan membuat suasana belajar kita, nyaman dan tidaknya suasana itu tergantung pada interaksi yang peserta didik lakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial, metode penelitian, hasil belajar.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:19
Last Modified: 25 Aug 2016 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item