ANALISIS KESULITAN SISWA TUNARUNGU DALAM MEMECAHKAN MASALAH PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS VII SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) B YAKUT PURWOKERTO

Mumayizatun, --- (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA TUNARUNGU DALAM MEMECAHKAN MASALAH PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS VII SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) B YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MUMAYIZATUN_Analisis Kesulitan Siswa Tunarungu dalam Memecahkan Masalah Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VII Sekolah Luar Biasa (SLB) B Yakut Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tunarungu adalah istilah yang diberikan kepada anak yang mengalami kehilangan atau kekurangmampuan mendengar, sehingga ia mengalami gangguan dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari. Ketidakmampuan siswa tunarungu dalam mendengar dan memahami bahasa menyebabkan kemampuan intelegensi siswa tidak berkembang secara optimal, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar, termasuk kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa tunarungu dalam memecahkan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas VII SLB-B Yakut Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SLB-B Yakut Purwokerto tahun 2019/2020 yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah observasi, tes pemecahan masalah matematika, wawancara, dan dokumentasi. Setiap data dan informasi yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa tunarungu dalam memecahkan masalah adalah: 1) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan; 2) memiliki pemahaman bahasa matematika yang kurang; 3) kesulitan dalam menghitung; 4) kesulitan dalam persepsi visual. Kesulitan yang dialami oleh siswa dilihat berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Martini.Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Tunarugu, Pemecahan masalah matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Akhir
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 508 Natural history
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Mumayizatun M
Date Deposited: 06 Nov 2020 01:45
Last Modified: 06 Nov 2020 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8895

Actions (login required)

View Item View Item