PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKS ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS MAARIF NU 1 KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Yusrina, Qotrun Nada (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KONTEKS ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS MAARIF NU 1 KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Yusrina Qotrun Nada_Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Konteks Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Maarif NU 1 Karanglewas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemecahan masalah merupakan hal yang penting karena terdapat dalam dituntut untuk berpikir secara sistematis, kritis, logis, serta memiliki sikap pantang menyerah untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi. Karena pentingnya kemampuan tersebut maka dibutuhkan perlakuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam proses pembelajaran yaitu salah satunya dengan menggunakan bahan ajar yang inovatif yang mengacu pada masalah matematika pada kehidupan sehari-hari. Bahan ajar yang baik tentunya akan mendukung pembelajaran dengan baik pula. Melalui bahan ajar, peneliti memberikan perlakuan yang dapat dilakukan yaitu pengembangan bahan ajar matematika berbasis konteks Islami. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui bahan ajar matematika berbasis konteks Islami pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs Maarif NU 1 Karanglewas, yang mana materi ini masuk pada kelas VIII semester genap yang mana memerlukan kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu Research and Development dengan quasi experiment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis konteks Islami valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dengan persentase penilaian kumulatif 93,18% dengan kriteria “sangat valid”, validasi ahli bahan ajar dengan persentase penilaian 95,23% dengan kriteria “sangat valid”, validasi ahli konteks Islami dengan persentasi penilaian 91,42% dengan kriteria “sangat valid”, hasil respon guru 93% dengan kriteria “sangat valid”, hasil respon siswa uji terbatas 85,18% dengan kriteria “sangat valid”, hasil respon siswa uji luas 85,79% dengan kriteria “sangat valid”. Selanjutnya bahan ajar matematika berbasis konteks Islami dinyatakan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Maarif NU 1 Karanglewas. Hal ini terlihat dari skor N-Gain eksperimen 0,71 dengan kategori tinggi, yang lebih baik dari skor N-Gain kontrol 0,29 dengan kategori rendah. KATA KUNCI: Konteks Islam, Bahan Ajar, Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konteks Islam, Bahan Ajar, Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Yusrina Qotrun Nada sdr
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:15
Last Modified: 06 Nov 2020 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item View Item