IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 PURWOKERTO

Selina, Ros Mutiasari (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Selina Ros Mutiasari_Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendekatan humanistik merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang memandang peserta didik sebagai individu yang utuh dan memiliki keunikan serta potensi dan kecerdasan masing-masing. Pendekatan humanistik berusaha untuk memanusiakan manusia dengan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik serta membantunya untuk dapat mencapai aktualisasi diri melalui berbagai model metode dan strategi pembelajaran yang humanis. Peneliti tertarik meneliti penerapan pendekatan humanistik dalam pemebelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Purwokerto karena sekolah tersebut telah menerapkan konsep humanistik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 4 Purwokerto dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajara pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memperoleh data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi berupa triangualasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti telah diterapkan oleh guru melaui (a) pembelajaran yang sifatnya menyenangkan, bebas, tidak mengekang peserta didik dan menekankan keaktifan peserta didik melalui model pembelaajran active learning, strategi pembelajaran discovery, metode pembelaajran diskusi, tanya jawab dan demostrasi serta evaluasi pembelajaran dengan cara permainan. (b) faktor yang mendukung antara lain fasilitas yang lengkap,lingkungan sekolah yang mendukung, peserta didik dapat diajak bekerja sama dalam pembelajaran sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang humanis. (c) faktor penghambatnya adalah dari kemampuan guru yang terbatas,guru yang kurang menguasai IT, dan guru pendidikan agama Islam yang tidak sebanding dengan banyaknya siswa sehingga sulit untuk memahami siswa satu persatu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Humanistik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Selina Ros Mutiasari sdr
Date Deposited: 06 Nov 2020 06:30
Last Modified: 06 Nov 2020 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item View Item