IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN DI LINGKUNGAN PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH BANYUMAS

Wildan, Novia Rosydiana (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN DI LINGKUNGAN PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WILDAN NOVIA ROSYDIANA_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN DI LINGKUNGAN PERSYARIKATAN MUHAMMADIYAH BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis membahas tentang Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Hizbul Wathan di Lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penenlitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang berupa dokumen tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati oleh peneliti. Dalam hal ini teknik-teknik dalam pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis dan keabsahan data yang penulis pakai menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sasaran penelitiannya adalah Ketua Hizbul Wathan, Sekertaris Hizbul Wathan, dan Bidang Kegiatan Hizbul Wathan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Karakter melalui Hizbul Wathan menunjukan bahwa upaya Kwarda HW Banyumas telah sesuai dengan upaya yang dilakukan oleh HW dalam mencapai maksud dan tujuannya untuk mewujudkan masyarakat utama, adail, dan makmur yang diridhai Allah dengan jalan menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam lewat jalur pendidikan kepanduan. Semua muatan yang terdapat kebijakan program pendidikan karakter yang terdapat dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, meliputi a) religius, b) jujur, c) taggung jawab, d) gemar membaca, e) disiplin, f) kerja keras, g) kreatif, h) rasa ingin tahu, i) mandiri, j) toleransi, k) peduli sosial, l) menghargai karya dan prestasi, m) komunikatf, n) cinta damai, o) demokratis, p) semmangat kebangsaan, q) cinta tanah air. Muatan masing-masing nilai pendidikan karakter di implementasikan melalui materi dan kegiatan ke Hizbul Wathan an dan materi umum. Pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter pada masing-masing kegiatan HW dilakukan dengan kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian, dengan pendekatan yang telah sesuai dengan amanat pendidikan karakter Nasional. Kata Kunci: Kebijakan Program, Pendidikan Karakter, Hizbul Wathan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebijakan Program, Pendidikan Karakter, Hizbul Wathan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Wildan Novia Rosydiana
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:45
Last Modified: 06 Nov 2020 03:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8821

Actions (login required)

View Item View Item