DIAN EKA FEBRIANI, NIM.102332019 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT PEMULA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA-BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (722kB) | Preview |
|
Text
DIAN EKA FEBRIANI_STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT PEMULA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA-BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 20142015.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka-Banyumas adalah pembelajaran bahasa Arab yang sudah diberikan dikelas III sedangkan di MI lain pelajaran bahasa Arab dimulai di kelas IV. Strategi yang digunakan gurupun berpengaruh untuk siswa menerima pelajaran. Bagi siswa pelajaran bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit, sehingga tidak mudah bagi seorang guru dalam menyampaikan pelajaran tanpa adanya strategi yang bervariasi. Oleh sebab itu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab, guru mennerapkan strategi yang sesuai dengan kemampuan siswa supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat pemula di madrsah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Banyumas Tahun pelajaran 2014/2015? Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang proses penerapan strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat pemula di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang situasi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti yaitu penerapan strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat pemula. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah BantarsokaBanyumas, dan foto-foto penerapan Strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat pemula. Untuk menganalisis data, penulis melakukan penelaahan seluruh data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru sudah menerapkan strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat pemula dengan variatif. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka.Strategi yang digunakan antara lain: Strategi Musykilat al-ţullāb, Al-kalimāt al-musalsalah, Istintājiyyah, Muźākarāt al-talāmīź. Kata Kunci: Strategi, Pemula, Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 03:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:21 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/875 |
Actions (login required)
View Item |