Penanaman Nilai-nilai Aqidah Pada Siswa Melalui Program Kegiatan Hadrah di SMP Negeri 4 Purwokerto

Catur, Indah Rizkiana (2020) Penanaman Nilai-nilai Aqidah Pada Siswa Melalui Program Kegiatan Hadrah di SMP Negeri 4 Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Catur Indah Rizkiana_Penanaman Nilai-nilai Aqidah Pada Siswa Melalui Program Kegiatan Hadrah di SMP Negeri 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di era global sekarang ini, telah dihadapkan dengan berbagai persoalan khususnya dalam sektor pendidikan yang salah satunya yaitu degradasi moral pada anak. Hal ini ditandai dengan kenakalan remaja, tindak kriminalitas, serta dari banyaknya pengaruh kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi membuat anak-anak dengan mudah dapat mengakses apa saja yang mereka inginkan tanpa mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan. Penanaman nilai-nilai aqidah diyakini perlu dan penting untuk dilakukan oleh sekolah guna menjadi pijakan dalam peletakan pondasi keimanan yang kokoh pada diri peserta didik. Aqidah merupakan ketentuan dasar mengenai keimanan seorang muslim dan landasan dari segala perilakunya. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan penanaman nilai-nilai aqidah yaitu selain dalam proses kegiatan belajar mengajar juga melalui program kegiatan ekstrakulikuler sekolah, terlebih yang utama ialah ektrakulikuler keagamaan seperti salah satunya ekstrakulikuler hadrah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai-nilai aqidah pada siswa melalui program kegiatan hadroh di SMP Negeri 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penanaman nilai-nilai aqidah pada siswa melalui program kegiatan hadrah di SMP Negeri 4 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kulaitatif dengan mengambil tempat di SMP Negeri 4 Purwokerto kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina, pelatih dan seluruh peserta kegiatan ekstrakulikuler hadrah. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penanaman nilai-nilai aqidah pada siswa melalui kegiatan hadrah yaitu dengan melalui beberapa tahapan seperti menyimak, merespon atau menanggapi, menyeleksi, mengorganisasikan nilai dan karakterisasi nilai. Dan juga menggunakan metode diantaranya metode pembiasaan, keteladanan, ceramah, tanya jawab serta demonstrasi. Penanaman nilai-nilai aqidah melalui kegiatan hadrah meliputi nilai iman kepada Allah SWT, iman kepada Nabi dan Rasul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Nilai Aqidah, Kegiatan Hadrah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Catur Indah Rizkiana
Date Deposited: 05 Nov 2020 05:40
Last Modified: 05 Nov 2020 05:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8735

Actions (login required)

View Item View Item