NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME AGAMA DALAM FILM MY NAME IS KHAN

AMALIA ROSIANA, NIM. 1223301056 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME AGAMA DALAM FILM MY NAME IS KHAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AMALIA ROSIANA__NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME AGAMA DALAM FILM MY NAME IS KHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
COVER__BAB 1__BAB V__LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pluralisme agama di Indonesia dapat dilihat dari berbagai agama dan kepercayaan lain yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia. Agama di Indonesia memegang peran penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam ideologi bangsa Indonesia, sila pertama dalam Pancasila: “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila pertama dalam pancasila menegaskan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai satu Tuhan walaupun terdapat perbedaan dalam menganut agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Nilai-nilai pendidikan pluralisme apa saja yang terdapat dalam film My Name Is Khan? Dan Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan pluralisme agama dengan film My Name Is Khandalam pelajaran PAI?”.tujuan penelitian ini adalah agar peneliti mengetahui pendidikan pluralisme agama yang seperti apa yang terdapat di dalam film My Name Is Khan. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian literatur yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis. Hasil dari peneliti “Nilai-nilai Pluralisme Agama Dalam Film My Name Is Khan”, peneliti menemukan tanda-tanda adanya pluralisme agama melalui tokoh Rizwan Khan, yaitu: 1) Saling Menghargai. 2) Persamaan dan Persaudaraan, 3) Bijaksana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Pluralisme Agama, Film My Name Is Khan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:54
Last Modified: 24 Aug 2016 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item