PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA

Debby, Nurhayati (2020) PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DEBBY COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEBBY NURHAYATI_PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep matematika yaitu konsep diri (self concept) yang di dalamnya termuat komponen utama harga diri (self esteem). Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa harus yakin dan percaya diri bahwa dirinya mampu serta mandiri dalam mengerjakan soal matematika. Hal tersebut merupakan bentuk dari self esteem. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sokaraja bervariasi, ada yang memiliki pemahaman konsep matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self esteem terhadap pemahaman konsep matematika siswa di SMA Negeri 1 Sokaraja. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sokaraja yang berjumlah 176 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sebesar 40% dari populasi sehingga menghasilkan 70 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu ada pengaruh self esteem terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Sokaraja. Hal tersebut ditunjukan dengan besarnya nilai sig. < 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,199, yang mengandung pengertian bahwa adanya pengaruh Festeem terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Sokaraja sebesar 19,9% sedangkan sisanya 80,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun persamaan regresi linear sederhana yang terbentuk yakni

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Esteem, Pemahaman Konsep, Matematika
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Debby Nurhayati sdr
Date Deposited: 05 Nov 2020 13:43
Last Modified: 05 Nov 2020 13:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8651

Actions (login required)

View Item View Item