PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Naeli, Sangadah (2020) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NAELI SANGADAH_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) HARAPAN BUNDA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS Naeli Sangadah NIM. 1617661013 Jurusan Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegundahan mengenai realita pendidikan yang menganggap peserta didik hanya cerdas diukur dari nilai IQ semata, dan sikap abai guru terhadap potensi kecerdasan anak sehingga guru memilih pendekatan mengajar yang kurang tepat. Termasuk dalam pembelajaran PAI yang sesetinya tidak hanya terbatas pada kognitif saja, namun juga pada penanaman nilai. Konsep multiple intelligences menghargai setiap kecerdasan dan keunikan manusia. Salah satu sekolah yang menerapkan konsep multiple intelligences adalah SDIT Harapan Bunda Purwokerto, sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah bagaimana konsep pembelajaran berbasis multiple intelligences dan bagaimana pelaksanaan pebelajaran PAI berbasis multiple intelligences. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara member checking, dimana data hasil penelitian diperiksa oleh sumber data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konsep pembelajaran berbasis multiple intelligences di SDIT Harapan Bunda yakni, dalam perencanaannya guru membuat lesson plan yang diferivikasi oleh wakil kepala sekolah bagian kurikulum, pelaksanaan pembelajaran didasarkan pada 9 (sembilan) kecerdasan peserta didik, dimana aktivitas pembelajarannya sama namun perlakuan pada tiap peserta didik berbeda sesuai kecenderungan kecerdasan masing-masing. Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik, dimana guru menilai tiga ranah yakni pengetahuan, sikap, dan keterampilan, guru juga menilai proses dan hasil pembelajaran. 2) Pembelajaran PAI di SDIT Harapan Bunda dilaksanakan berdasarkan kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik yang ada di kelas tersebut. Pada materi terjemah QS. al-Ikhlas, pertemuan pertama guru menggunakan strategi ceramah dan flash card untuk peserta didik yang menonjol dalam kecerdasan spasial-visual, logis-matematis, linguistik, dan kecerdasan kinestetis. Pada pertemuan kedua guru menggunakan strategi ceramah dan parodi lagu untuk peserta didik dengan kecerdasan musik, kinestetik, interpersonal, dan linguistik. Pada materi wudhu, pertemuan pertama guru menggunakan strategi belajar team work dan simulasi yang ditujukan untuk anak dengan kecerdasan interpersonal, intrapersonal, linguistik, dan kinestetik. Pada pertemuan kedua guru menggunakan strategi bertanya dan simulasi, ditujukan untuk peserta didik dengan kecenderungan kecerdasan kinestetis, linguistik, spasial-visual, dan naturalis. Pada materi kisah Nabi Isa as., guru menggunakan strategi parodi lagu, gambar visual, dan movie learning diarahkan untuk peserta didik yang cerdas musik, cerdas linguistik, cerdas spasial-visual, cerdas interpersonal, dan cerdas eksistensial. Penilaian juga dilakukan dengan mempertimbangkan kecerdasan peserta didik. Dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan aktivitas tertentu untuk kelompok kecerdasan tertentu, dan memperhatikan setiap tanggapan dari peserta didik, hingga tercapai seluruh tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien dengan landasan pengetahuan guru akan kecerdasan yang dimiliki peserta didiknya. Kata kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Multiple Intelligences THE LEARNING OF ISLAMIC EDUCATION BASED MULTIPLE INTELLIGENCES IN INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL HARAPAN BUNDA PURWOKERTO BANYUMAS Naeli Sangadah NIM. 1617661013 Master Program of Islamic Education State Institute of Islamic Studies Purwokerto ABSTRACT This research is motivated by anxiety about the reality of education which considers students to be intelligent only measured by IQ scores, and the teacher's negligent attitude towards children's intelligence potential so that teachers choose a less appropriate teaching approach. Included in learning of Islamic education which is not only limited to cognitive, but also to value inclusion. The concept of multiple intelligences respects every human intelligence and uniqueness. One of the schools that applies the concept of multiple intelligences is SDIT Harapan Bunda Purwokerto, so the authors are interested in conducting research with the formulation of the problem of how the concept of learning is based on multiple intelligences and how the implementation of Islamic education is based on multiple intelligences. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques are done by observation and interviews. Data analysis was performed by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Checking the validity of the data is done by member checking, where the research data is checked by the data source. The results showed: 1) The concept of learning based on multiple intelligences at SDIT Harapan Bunda, in the planning the teacher makes a lesson plan referenced by the deputy principal of the curriculum section, the implementation of learning is based on 9 (nine) intelligence of students, where the learning activities are the same but the treatment for each student is different according to the tendency each other's intelligence. The learning assessment is carried out authentically, where the teacher assesses three domains, namely knowledge, attitudes, and skills, the teacher also assesses the learning process and outcomes. 2) Learning Islamic Education at SDIT Harapan Bunda is implemented based on the intelligence possessed by students in the class. In the QS translation material. al-Ikhlas, the first meeting of the teacher using lecture strategies and flash cards for students who stand out in spatial-visual, logical-mathematical, linguistic, and kinesthetic intelligence. At the second meeting the teacher used lecture strategies and song parodies for students with musical, kinesthetic, interpersonal, and linguistic intelligence. In the ablution material, the teacher's first meeting uses team work learning strategies and simulations aimed at children with interpersonal, intrapersonal, linguistic, and kinesthetic intelligence. At the second meeting the teacher used questioning and simulation strategies, aimed at students with a tendency to kinesthetic, linguistic, spatial-visual, and naturalist intelligence. In the material of the story of the Prophet Isa (as), the teacher uses the strategy of song parody, visual images, and movie learning aimed at students who are musical, linguistic, spatial-visual, interpersonal, and existential. Assessment is also carried out by considering the intelligence of students. In the learning process, the teacher directs certain activities for certain intelligence groups, and pays attention to every response from students, so that all learning objectives are achieved effectively and efficiently on the basis of the teacher's knowledge of the intelligence of their students. Keyword: Learning of Islamic Education, Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Karya Tulis Akhir
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naeli Sangadah sdr
Date Deposited: 04 Nov 2020 05:08
Last Modified: 04 Nov 2020 05:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8604

Actions (login required)

View Item View Item