PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN UMUR PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019

Santi, Pratami (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN UMUR PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD & BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Santi Pratami_Pengaruh Ukuran Perusahaan Umur Perusahaan dan Leverage Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan food & beverage adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman. Di Indonesia sendiri perusahaan makanan dan minuman berkembang dengan pesat, hal ini dapat dilihat dari jumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari periode ke periode semakin banyak. Ketatnya persaingan antar perusahaan menuntut perusahaan untuk terus meningkatkan profitabilitasnya. Pada umumnya investor menyukai perusahaan yang memiliki profitabilitas yang tinggi, lebih – lebih jika profitabilitas perusahaan tersebut selalu meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut mendorong penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan leverage terhadap profitabilitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan food & beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019. Total sampel yang di uji sebanyak 11 perusahaan dengan 33 annual report yang dipilih menggunakan metode purpose sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (SIZE) dan umur perusahaan (AGE) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan food & beverage periode 2017-2019. Sedangkan leverage (LEV) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan food & beverage periode 2017-2019. Ukuran perusahaan, umur perusahaan dan leverage mempunyai kontribusi 65,6% terhadap profitabilitas dengan signifikansi 0,002 (0,002 < 0,05). Sisanya 34,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Santi Pratami sdr
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:29
Last Modified: 04 Nov 2020 03:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8588

Actions (login required)

View Item View Item