KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTs RAUDLATUL HUDA YA BAKII ADIPALA CILACAP

Tri, Sofiyani (2020) KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTs RAUDLATUL HUDA YA BAKII ADIPALA CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI SOFIYANI_KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MTs RAUDLATUL HUDA YA BAKII ADIPALA CILACAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pencapaian tujuan visi madrasah ke arah yang lebih maju, peran kepemimpinan kepala madrasah dalam merumuskan, menciptakan, dan mengimplementasikan visi sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini sangat penting bagi madrasah. Mengingat, akhir-akhir ini lembaga pendidikan keagamaan atau yang lebih dikenal dengan sebutan madrasah mulai tersorot di masyarakat umum. Bahkan pandangan masyarakat yang awalnya menganggap eksistensi dari madrasah yang redup dengan anggapan bahwa sekolah umum memiliki kualitas yang lebih baik, kini kian memudar. Di Cilacap, pemimpin madrasah mulai bersaing inovasi dengan memunculkan program-program khusus yang menjadi unggulan bagi masing-masing lembaga pendidikan mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, wakil kepala urusan kurikulum, guru pembimbing tahfidz al-Qur’an, wali kelas VIII dan IX tahfidz al-Qur’an, komite madrasah, siswa kelas tahfidz al-Qur’an MTs raudlatul Huda Ya BAKII Adipala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam penyelenggaraan program tahfidz al-Qur’an di madrasah tersebut sudah menerapkan kepemimpinan visioner. Dengan sikap beliau yang terbuka, kinerja beliau yang progresif, dan totalitas beliau dalam memajukan program melalui program khusus menjadikan guru-guru dan elemen madrasah maupun masyarakat percaya terhadap kualitas madrasah. Terbukti dengan diraihnya beberapa kejuaraan peserta didik program tahfidz al-Qur’an diantaranya lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), murotal, dan kaligrafi. Keberhasilan program tahfidz al-Qur’an atas dasar kepemimpinan visioner kepala madrasah juga dapat dilihat dari adanya perkembangan akhlak dan kepribadian peserta didik yang baik dengan adanya kewajiban selain berbahasa Indonesia, yaitu pembiasaan menggunakan bahasa krama inggil sebagai bahasa keseharian di lingkup madrasah, serta adanya ektrakurikuler tambahan yaitu khitobah dan binaan mental yang dikhususkan untuk kelas tahfidz al-Qur’an sebagai bekal peserta didik. Selain itu, kepala madrasah menjadikan program tahfidz al-Qur’an sebagai kekuatan kurikulum madrasah yang mebedakannya dengan madrasah lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan visioner, Kepala madrasah, Tahfidz Al-Qur’an.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
800 Literature and rhetoric > 806 Organizations
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Tri Sofiyani
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:23
Last Modified: 04 Nov 2020 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8581

Actions (login required)

View Item View Item