MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBE

JUNEDI ABDILLAH, JUNEDI ABDILLAH (2015) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PAGUYANGAN KABUPATEN BREBE. Masters thesis, pascasarjana iain purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS UTUH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajamen Peningkatan Mutu Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 1 Paguyangan Kabupaten Brebes pada empat kelas unggulan yaitu Kelas Unggulan Olahraga, Kelas Unggulan Akademik, Kelas Peminatan Keahlian dan Kelas Pondok Pesantren yang mengacu pada empat aspek, yakni perbaikan terus-menerus, perubahan kultur, organisasi terbalik dan menjaga hubungan dengan pelanggan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Dalam upaya peningkatan mutu peserta didik di kelas unggulan olahraga SMK Muhammadiyah 1 Paguyangan Kabupaten brebes selalu berusaha melakukan perbaikan terus-menerus, serta memberikan pelatihan yang maksimal. Sedangkan usaha SMK Muhammadiyah dalam peningkatan mutu peserta didik di kelas unggulan akademik guru pembina melakukan penyaringan peserta didik yang hanya merekrut 40 peserta didik yang kemudian di gembleng secara rutin dengan cara pemberian lembar kompetensi siswa untuk mengetahui perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu sehingga hasil yang akan dicapai dapat terpenuhi. Dalam usaha peningkatan mutu peserta didik di kelas unggulan peminatan keahlian yang terdiri dari tiga kompetensi keahlian yang diantaranya adalah teknik kendaraan ringan, teknik ototronik kendaraan ringan dan rekayasa piranti lunak, guru pembina memberikan pelatihan betul-betul dan di bimbing secara berkesinambungan selama tiga tahun dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga peserta didik benar- benar menguasai 3 kemampuan kompetensi kahlian tersebut. Sementara itu, dalam peningkatan mutu peserta didik di kelas unggulan pondok pesantren SMK Muhammadiyah 1 Paguyangan Kabupaten Brebes memberikan pelatihan yang diatur dengan baik dengan menggunakan program ICT dan didampingi oleh pembina yang yang terampil. Dalam kelas unggulan ini SMK Muhammadiyah 1 Paguyangan juga mengupayakan terciptanya situasi pembelajaran dengan penguasaan teknologi informasi komunikasi sehingga merubah citra pondok pesantren yang terkenal ketinggalan jaman, serta mendukung peserta didik dalam menguasai berbagai keahlian dalam bidang keagamaan. Dalam peningkatan mutu peserta didik di empat kelas unggulan, SMK Muhammadiyah 1 Paguyangan Kabupaten Brebes tidak hanya memperhatikan dalam hal perbaikan yang dilakukan secara terus-menerus, namun SMK Muhammadiyah juga memperhatikan perubahan kultur, memberikan wewenang sepenuhnya kepada guru pembina serta berusaha menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar peningkatan mutu peserta didik diperoleh secara maksimal sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN, PENINGKATAN MUTU, PESERTA DIDIK
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Hanik Nurdiana Sabita
Date Deposited: 12 Oct 2016 03:29
Last Modified: 28 Nov 2016 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item View Item