ANALISIS PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PASAR CINANGSI GANDRUNGMANGU CILACAP)

Dheka Hesty, Arline (2020) ANALISIS PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PASAR CINANGSI GANDRUNGMANGU CILACAP). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DHEKA HESTY ARLINE_ANALISIS PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pasar Cinangsi Gandrungmangu Cilacap)-1.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Perilaku pedagang merupakan suatu sikap atau tindakan seseorang dalam melakukan perdagangan atau dalam menjalankan jual beli. Seorang pedagang muslim tidak boleh melakukan tindakan penyimpangan yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yang dapat merusak mekanisme pasar. Perilaku menyimpang ini rawan terjadi di pasar tradisional karena rendahnya tingkat pendidikan dan pengetahuan pedagang. Seorang pedagang muslim hendaknya berdagang dengan cara yang jujur dan adil serta berpegang pada prinsip etika bisnis dalam Islam. Oleh karena itu, etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perilaku pedagang pasar tradisional Cinangsi dalam menjalankan aktifitas perdagangan dan menghadapi persaingan antar pelaku bisnis. Tujuan penelitian untuk mengetahui perilaku yang dilakukan pedagang dalam berdagang dan menghadapi persaingan antar sesama bisnis di pasar Cinangsi. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah para pedagang pasar tradisional Cinangsi. Sedangkan, untuk objeknya adalah perilaku para pedagang pasar tardisional Cinangsi. Untuk sumber data yang digunakan ada dua yaitu primer dan sekunder. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari wawancara dengan beberapa narasumber di pasar tradisional Cinangsi. Kemudian, untuk teknik analisis data yang digunakan ialah dengan cara reduksi data, penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, sebagian besar pedagang di pasar Cinangsi Gandrungmangu Cilacap ini memegang kelima prinsip etika bisnis diatas. Walaupun masih ada beberapa pedagang yang tidak memegang prinsip tersebut, namun sebagian besar pedagang telah melakukan perdagangan sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Meskipun mereka tidak paham akan etika bisnis dalam Islam, tetapi dalam menjalankan kegiatan perdagangan mereka senantiasa sesuai dengan ajaran agama Islam dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dilarang dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pedagang, Etika Bisnis Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Dheka Hesty Arline
Date Deposited: 03 Nov 2020 00:51
Last Modified: 03 Nov 2020 00:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8534

Actions (login required)

View Item View Item