PENGARUH FAKTOR SITUASIONAL DAN PERSONAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA GENERASI ECHO BOOMERS (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2016-2019 IAIN Purwokerto)

Kustianti, - (2020) PENGARUH FAKTOR SITUASIONAL DAN PERSONAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA GENERASI ECHO BOOMERS (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2016-2019 IAIN Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_ Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KUSTIANTI_PENGARUH FAKTOR SITUASIONAL DAN PERSONAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE PADA GENERASI ECHO BOOMERS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah gaya hidup masyarakat lebih menyukai hal-hal yang memberikan kemudahan dengan prinsip kepraktisan. Seperti dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan, kini dapat dilakukan melalui internet. Internet dengan karakteristik efisiensi dan kemudahan dalam menyajikan informasi memungkinkan kosumen dapat melakukan perbandingan, seperti kualitas, harga, dan informasi lainnya mengenai suatu produk. Dalam membuat keputusan pembelian, konsumen pada saat berbelanja seringkali tidak berdasarkan dengan perencanaan sebelumnya, secara mendadak konsumen melakukan pembelian produk (pembelian impulsif). Pembelian impulsif adalah pembelian yang tidak rasional dan diasosiasikan dengan pembelian yang cepat dan tidak direncanakan, diikuti adanya konflik fikiran dan dorongan emosional. Salah satu penyebabnya yaitu faktor situasional dan personal. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh faktor situasional (pengaruh sosial, ketersediaan waktu, ketersediaan uang, dan fasilitas kartu debet) dan faktor personal (suasana hati, motif hedonis, kurangnya kontrol, extraversion, dan materialisme) terhadap perilaku pembelian impulsif online pada generasi echo boomers. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016-2019 IAIN Purwokerto dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui metode analisis regresi linier berganda dengan alat bantu software IBM SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa faktor situasional (pengaruh sosial, ketersediaan waktu, dan fasilitas kartu kredit); faktor personal (suasana hati, motif hedonis, dan materialisme tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif online pada generasi echo boomers; dan faktor situasional (ketersediaan uang); faktor personal (kurang kontrol dan extraversion) berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif online pada generasi echo boomers. Kata Kunci: Faktor Situasional, Faktor Personal, Perilaku Pembelian Impulsif Online, Generasi Echo Boomers.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Situasional, Faktor Personal, Perilaku Pembelian Impulsif Online, Generasi Echo Boomers.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Kustianti
Date Deposited: 03 Nov 2020 00:30
Last Modified: 03 Nov 2020 00:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8531

Actions (login required)

View Item View Item