METODE PEMBELAJARANPKn KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Vani Agus Setiawan, 082330531 (2013) METODE PEMBELAJARANPKn KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx - Published Version

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[img] Text
VANI AGUS SETIAWAN_082335031.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy

Abstract

MetodePembelajaranadalahsuatucarapenyampaianmateripelajaranuntukmencapaitujuan yang ditetapkan, makafungsimetodepembelajarantidakdapatdiabaikankarenametodepembelajaranturutmenentukanberhasiltidaknyasuatu proses belajarmengajardanmerupakanbagian integral dalamsuatusistempengajaran. SedangkanIlmuPengetahuanAlam (IPA) merupakansuatu bidang studi yang terdiri dari kumpulan teori yang penerapannya secara umum terbatas pada gejala alam, lahir dan berkembang melalui observasi dan eksperimen serta menuntut sikap rasa ingin tahu, terbuka, jujur dan sebagainnya sehingga terbentuklah konsep dan prinsip yang sistematis. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuimetodepembelajaranapa yang digunakandanbagaimanapelaksanaanmetodepembelajaran yang digunakan guru dalammenyampaikanmateri IPA kepadasiswakelas V di MI DarulHikmahPurwokerto Barat. Dalampenelitianini, penulismenggunakanmetodepenelitianfield researchyaitupenelitian yang dilakukansecaralangsungke MI DarulHikmah. Teknikpengumpulan data yang dilakukanpenulisadalahmelaluiobservasi, wawancaradandokumentasi. Dalammenganalisis data penulismenggunakananalisis data kualitatif denganmetodetriangulasidanmelaluitahapreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Metodepembelajaran IPA yang digunakan di kelas V MI DarulHikmahantara lain: Metodeceramah, metodetanyajawab, metodediskusi, metoderesitasiataupenugasandanmetodeeksperimen. Penggunaanmetode-metode di atasdigunakan guru denganmengkombinasikanmetode-metodetersebutdalamsetiappembelajarannyadalamsatupertemuanuntukmenyampaikanmateri, sehinggamembuatsiswalebihantusiasdalammengikutipembelajarandanmembuatprestasibelajarnyabaik. Kata Kunci: MetodePembelajaran, danIlmuPengetahuanAlam (IPA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 35 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:32
Last Modified: 01 Jun 2016 08:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item