IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TPQ AN-NAHDLIYAH AL FALAH DESA BANJARPARAKAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

MASRUKHIN, NIM. 1223301107 (2016) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI TPQ AN-NAHDLIYAH AL FALAH DESA BANJARPARAKAN KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MASRUKHIN_IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR PUSTAKA_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat di seluruh pelosok dunia, termasuk indonesia. Perkembangan itu akan berlanjut seiring perkembangan manusia itu sendiri. Situasi dan kondisi semacam itu akan membawa perubahan fisik maupun pola pikir manusia yang membawa dampak positif dan negative. Kenyataan yang terjadi bahwa segala daya dan upaya untuk mencapai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kebanyakan hanya untuk mencukupi kebutuhan materi kehidupannya, sementara mereka lupa terhadap pembinaan kepribadian. Akibat lebih lanjut adalah timbulnya kegoncangan dan kegelisahan rohani serta munculnya moralitas baru tanpa mengenal batas dan etika. Hal tersebut harus diluruskan dan perlu adanya jalan pemecahannya. Salah satunya adalah melalui pendidikan agama sejak dini, yaitu pendidikan yang menanamkan keimanan dan ketaqwaan yang berintikan pada ajaran Al Qur‟an dan hadits Nabi Muhammad saw. Al Qur‟an merupakan penawar (obat) bagi penyakit rohani, sebagaimana Firman Allah dalah surat Al Isra ayat 82                “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Adapun hasil penelitiannya adalah metode pembelajaran yang dipakai di TPQ An-Nahdliyah Al Falah Banjarparakan. Metode ini sangat menekankan pada ketukan untuk menyamakan irama bacaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Medote pembelajaran Al Qur’an.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:28
Last Modified: 22 Aug 2016 07:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item