STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KSPPS BMT HANADA QUWAISH KALISALAK KEBASEN, BANYUMAS

Riky, Nursafitri (2020) STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KSPPS BMT HANADA QUWAISH KALISALAK KEBASEN, BANYUMAS. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIKY NURSAFITRI_STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KSPPS BMT HANADA QUWAISH KALISALAK KEBASEN, BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BMT, diperlukannya strategi marketing. Begitu pula dengan KSPPS BMT Hanada Quwaish Kalisalak Kebasen memerlukan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah nasabah pada setiap produk-produknya, khususnya pada produk pembiayaan murabahah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lokasi KSPPS BMT Hanada Quwaish yang berada di area UMKM, sehingga berpeluang besar bagi peningkatan jumlah nasabah khususnya pada produk pembiayaan murabahah. Pembiayaan murabahah merupakan fasilitas pembiayaan yang diperuntukkan bagi nasabah dalam pendirian usaha atau pengembangan usaha. Maka peneliti penasaran akan strategi pemasaran yang digunakan untuk mendapatkan anggota/nasabah demi mengembangkan usahanya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing sebagai upaya meningkatkan jumlah anggota produk murabahah di BMT Hanada Quwaish Kalisalak Kebasen, Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di BMT Hanada Quwaish Kalisalak Kebasen, Banyumas. Hasil yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini yaitu strategi pemasaran yang digunakan di BMT Hanada Quwaish dalam meningkatkan jumlah nasabah produk murabahah yaitu menggunakan strategi jemput bola. Jemput bola adalah kegiatan menjalin hubungan dengan anggota dimana pemasar mendatangi anggota untuk memasarkan produknya. Adapun strategi lain yang digunakan yaitu bekerjasama dengan lembaga/instansi, melakukan grebeg pasar serta layanan telepon dan SMS. Kata kunci : Strategi Marketing, KSPPS BMT Hanada Quwaish Kalisalak, Kebasen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing, KSPPS BMT Hanada Quwaish Kalisalak, Kebasen.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Riky Nursafitri
Date Deposited: 03 Nov 2020 00:25
Last Modified: 03 Nov 2020 00:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item