KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 KALISALAK KEBASEN BANYUMAS

LAILI NUR ISTI’ANAH, NIM. 1223301082 (2016) KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 KALISALAK KEBASEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
LAILI NUR ISTI’ANAH_KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Tugas dan tanggung jawab utama seorang guru adalah membelajarkan peserta didik dengan mengelola pengajaran dan kelas secara efektif dan efesien yang ditandai dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif di antara dua subyek pengajaran yakni guru sebagai penginspiratif awal, pengarah, serta pembimbing, sedangkan peserta didik sebagai yang mengalami dan terlibat aktif untuk memperoleh perubahan diri dalam pengajaran.Untuk itu guru seyogyanya memiliki kemampuan melakukan interaksi belajar mengajar yang baik. Salah satu kemampuan yang sangat penting adalah kemampuan dalam mengelola kelas. Profesi guru khususnya guru agama sebagai pendidik di sekolah tidak dapat dipandang ringan, karena menyangkut berbagai aspek kehidupan serta menuntut pertanggung jawaban moral yang berat. Pengelolaan kelas merupakan tingkah laku yang komplek dan para guru menggunakannya untuk meningkatkan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan secara efisien. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian tentang Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI di SD Negeri 1 Kalisalak Kebasen. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan secara detail dan lengkap bagaimana keterampilan mengelola kelas dalam pembelajaran PAI, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat keterampilan mengelola kelas dalam pembelajaran PAI di SD N 1 Kalisalak Kebasen. Penelitian yang dilakukan ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian metode kualitatif dengan jenis studi kasus ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari penelitian, penulis menggunakan teknik: Reduksi data, Penyajian data, serta Penarikan Kesimpulan. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa metode yang guru lakukan dalam pengelolaan kelas di SD N 1 Kalisalak Kebasen sudah cukup baik yakni dengan menyesuaikan pada jenis kelas yang akan di ajar, tidak pernah memaksakan kehendak untuk bisa sampai pada tujuan pembelajaran yang ditentukan namun lebih mempertimbangkan pada kemampuan siswa pada materi tersebut. Penuh kasih dan sabar guru membimbing siswa untuk bisa belajar dengan optimal. Pendekatan yang digunakan guru dalam pengelolaan kelas yang telah penulis amati dan analisis berupa pendekatan perubahan tingkah laku, pengajaran, dan kekuasaan. Faktor pendukung berupa siswa yang mengikuti ngaji TPQ dan bimbingan belajar rutin dengan orangtua, serta tidak terlalu banyak kendala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran PAI, SD N 1 Kalisalak Kebasen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:15
Last Modified: 22 Aug 2016 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item