MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

SARI, KARTIKA (2020) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab_I_Bab_IV_Daftar_Pustaka[1].pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sari_Kartika_Manajemen_Kurikulum_PAUD_di_RA_Perwan[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan hal yang penting pada suatu lembaga pendidikan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran agar dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan dari pendidikan. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana manajemen kurikulum yang dilaksakan oleh RA Perwanida Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi deskriptif lapangan yang dilaksnakan di RA Perwanida Tamansari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di RA Perwanida Tamansari. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan manajemen kurikulum RA Perwanida Tamansari menggunakan fungsi-fungsi manajemen kurikulum yaitu: (1) Perencanaan kurikulum yang dilaksanakan melalui empat kali rapat pengembangan kurikulum. (2) Pengorganisasian kurikulum yang diatur oleh kepala sekolah sedangkan untuk pengorganisasian kelas diatur oleh guru kelas. (3)Pelaksaaan kurikulum dilaksanakan melalui kegiatan belajar mengajar yang dilakasakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). (4) Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengawasi kegiatan belajar mengajar agar sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. (5) Evaluasi kurikulum dilakukan dengan cara memberi tanda ceklist pada lembar validasi sedangkan evaluasi kepada peserta didik dilakukan oleh guru kelas untuk menilai hasil dari perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sari Kartika sdr
Date Deposited: 02 Nov 2020 00:39
Last Modified: 02 Nov 2020 00:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8464

Actions (login required)

View Item View Item