Dwi Ari, Astuti (2020) RELASI SAINS DAN AGAMA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA DI KUTTAB AL FATIH SUMAMPIR PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka..pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DWI ARI ASTUTI_RELASI SAINS DAN AGAMA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA DI KUTTAB AL FATIH SUMAMPIR PURWOKERTO UTARA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berbicara mengenai relasi sains dan agama, sudah tentu erat kaitannya dengan keterpaduan. Namun, bukan berarti harus dicampuradukan atau disatukan, karena dari kedua entitas tersebut mempunyai ranah kajian ataupun karakteristik yang berbeda. Dizaman sekarang, yang mana seolah-olah ilmu pengetahuan menduduki posisi tertinggi, perlulah kita kembalikan fitrah sesungguhnya dari pada ilmu tersebut yaitu kepada penciptanya. Antara sains dan agama harus mampu menghadirkan kesadaran yang muncul melalui pandangan yang lebih harmonis dan integratif, dan hal itu dapat diwujudkan melalui pendidikan. Dengan media pendidikan inilah, mampu memberikan beberapa implikasinya dalam beberapa aspek, baik aspek pendidikan sosial maupun keagamaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep relasi sains dan agama, dan implementasinya dalam pembelajaran agama di Kuttab Al Fatih Sumampir Purwokerto Utara, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan relasi sains dan agama, dan implementasinya yang terdapat dalam pembelajaran agama di Kuttab Al Fatih Sumampir Purwokerto Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field Research dan menggunakan penelitian kualitatif. Dengan penyajian data secara dekriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah perpaduan sains dan agama yang diterapkan dalam pembelajaran agama di Kuttab al Fatih Sumampir Purwokerto Utara. Dengan menggunakan model klasifikasi pemikiran Ismail Razi Al faruqi berdasarkan analisis yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya relasi sins dan agama sudah dipraktekkan atau diimplementasikan dalam pembelajaran agama di Kuttab Al Fatih Sumampir Purwokerto Utara dengan model pembiasaan, observasi, kegiatan-kegiatan, dan dialog iman. Dalam hal ini seluruh elemen harus bekerjasama dengan penuh kesadaran demi sukses dan terciptanya masyarakat ataupun generasi penerus yang mempunyai ilmu yang mumpuni dan beradab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relasi Sains dan Agama, Pembelajaran agama, Sains, Agama. |
Subjects: | 200 Religion > 210 Natural theology > 215 Science and religion 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dwi Ari Astuti sdr |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 00:15 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 00:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8446 |
Actions (login required)
View Item |