MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 18 PEJATEN SOKARAJA KULON SOKARAJA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rustiyah, Rustiyah (2020) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU MASYITHOH 18 PEJATEN SOKARAJA KULON SOKARAJA BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX RUSTIYAH 2020 (1).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_BAB 1_BAB 5_DAPUS (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan anak usia dini perlu adanya manajemen kurikulum yang baik. Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Fokus penelitian ini yaitu manajemen kurikulum di RA Muslimat NU Masyithoh 18 Pejaten Sokaraja Kulon Sokaraja Banyumas. Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini pada dasarnya ingin mengetahui lebih jauh mengenai manajemen kurikulum yang ada mulai dari perencanaan kurikulum sampai evaluasi kurikulum. Sehingga dibuat rumusan dalam penelitian ini yaitu bagaimana manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di RA Muslimat NU Masyithoh 18 Pejaten Sokaraja Kulon Sokaraja Banyumas? Dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum di RA Muslimat NU Masyithoh 18 Pejaten Sokaraja Kulon Sokaraja Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di RA Muslimat NU Masyithoh 18 Pejaten Sokaraja Kulon Sokaraja Banyumas. Pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali sumber data yaitu kepala RA dan guru-guru, juga pengamatan langsung terhadap proses pelaksanaan pembelajaran. Adapun objek penelitian ini adalah manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi kurikulum. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan manajemen kurikulum di RA Muslimat NU Masyithoh 18 Pejaten Sokaraja Kulon Sokaraja Banyumas meliputi empat proses yaitu perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum, serta pengawasan dan evaluasi kurikulum. Pelaksanaan manajemen kurikulumnya merupakan perpaduan antara manajemen profesional dan manajemen kultural. Manajemen profesional ditunjukkan dari pengembangan fungsi-fungsi manajemen. Sedangkan manajemen kultural ditandai dengan beban manajemen utamanya terletak pada Kepala Sekolah ketika proses pengembangan kurikulumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:36
Last Modified: 26 Oct 2020 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8438

Actions (login required)

View Item View Item