Lilis, Seri Nurlaela (2020) KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN PADA KELAS ATAS DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Lilis Seri N 1617405063.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka..pdf Download (623kB) | Preview |
Abstract
Salah satu keberhasilan proses pembelajaran adalah adanya peran guru. Guru memiliki posisi sentral yang merupakan orang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran di kelas. Hal yang tidak akan hilang dalam pembelajaran salah satunya yaitu kegiatan membuka dan menutup pembelajaran. Hal itu termasuk salah satu keterampilan yang harus dikuasai guru untuk membantu dan menciptakan suasana siap mental dan untuk menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari sampai akhirnya mencapai pada tujuan yang diharapkan dalam proses belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran pada kelas atas di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang digolongkan kedalam deskriptif kualitatif. Untuk keperluan pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan pola induktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran pada kelas atas di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon dengan cara sebagai berikut: (1) Komponen yang dilakukan guru dalam membuka terdiri dari: (a) kegiatan apersepsi, guru mengajukan pertanyaan mengenai isi materi pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya, memulai kegiatan dengan pembiasaan dan menyanyikan lagu nasional yang memiliki kaitan dengan materi pelajaran (b) dalam menarik perhatian siswa, menggunakan alat bantu atau media pembelajaran yang sudah disiapkan seperti gambar dan video, kemudian memilih berbagai kegiatan pembelajaran seperti membaca, demonstrasi, serta membuka forum diskusi, (c) kegiatan menimbulkan motivasi, dengan cara memulai kegiatan dengan penuh kehangatan dan keantusiasan serta melaksanakan situasi pembelajaran yang tidak tegang, (d) memberikan acuan, guru kelas atas MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon melakukan kegiatan tersebut dengan menyampaikan tujuan dan batas-batas tugas, menyarankan langkah-langkah yang akan dibahas, dan terakhir komponen (e) membuat kaitan, dengan mengingat masalah pokok dimulai dari konsep, membandingkan pengetahuan yang baru dengan pengetahuan yang sudah diketahui. (2) Keterampilan menutup pembelajaran terdiri dari dua komponen yaitu: (a) meninjau kembali/review, yaitu dengan menyimpulkan materi pembelajaran baik secara tulisan maupun tanya jawab dengan siswa, juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, (b) mengevaluasi, guru memberikan evaluasi serta latihan tertulis sehingga guru mengetahui tingkat keberhasilan anak pada saat mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan, guru, membuka pelajaran, menutup pelajaran, sekolah dasar |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Lilis Seri Nurlaela |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 02:10 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 02:10 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8333 |
Actions (login required)
View Item |