NUR, AFIFAH (2020) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX SMP NEGERI 3 AJIBARANG. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
NUR AFIFAH_ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX SMP NEGERI 3 AJIBARANG.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan agar proses pendidikan berjalan sesuai dengan tujuan yang tepat. Salah satunya adalah butir soal yang digunakan sebagai alat ukur untuk mengukur perkembangan kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Matematika Kelas IX SMP Negeri 3 Ajibarang Tahun Pelajaran 2019/202 dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan penggunaan Distractor/pengecohnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX yang berjumlah 218 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan program Anates v4 dan dibantu program Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 30 butir soal pilihan ganda terdapat hasil sebagai berikut: (1) Ditinjau dari validitas isi menunjukkan validitas yang baik sedangkan untuk validitas item menunjukkan 24 butir soal (80%) dinyatakan valid dan 6 butir soal (20%) dinyatakan tidak valid. (2) Ditinjau dari reliabilitasnya, termasuk dalam kategori sedang yaitu 0,53. (3) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran didapatkan 13 butir soal (43%) berkategori sukar, 13 butir soal (43%) berkategori sedang, 2 butir soal (7%) memiliki kategori muudah, dan soal yang termasuk kategori sangat mudah ada 2 soal (7%). (4) Ditinjau dari kategori daya pembeda terdapat 11 soal (37%) memiliki daya pembeda jelek, 12 soal (40%) memiliki daya pembeda cukup, 6 soal (20%) memiliki daya pembeda baik, 0 soal (0%) memiliki daya beda baik sekali dan 1 soal (3%) memiliki daya pembeda negatif atau sangat buruk. (5) Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh sebanyak 18 butir soal (60%) masuk dalam kategori sangat baik, 4 butir soal (13%) dalam kategori baik, 8 butir soal (27%) termasuk kategori kurang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis butir soal, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan, Daya Pembeda, Fungsi Pengecoh |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Sdri Nur Afifah |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 13:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 13:13 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8319 |
Actions (login required)
View Item |