NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM HIDDEN CURRICULUM DI MA AL HIDAYAH 1 PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA

Febri, Anjarwati (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM HIDDEN CURRICULUM DI MA AL HIDAYAH 1 PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBRI ANJARWATI (1617402147).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_BabI_BabV_Daftar Pustaka..pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju dewasa. Pada masa ini, remaja membutuhkan identitas dan eksistensi diri sehingga ia berusaha melakukan proses pencarian jati diri. Ia menginginkan pengakuan atas keberadaan dirinya sehingga menariknya bergabung terhadap kelompok tertentu. Disanalah kadang ia mendapatkan contoh yang buruk. Untuk itulah diperlukan sebuah upaya untuk menghindari hal tersebut, diantaranya melalui pendidikan akhlak. Hidden curriculum merupakan hal-hal yang sifatnya tidak tertulis atau tidak terdokumentasikan namun memiliki pengaruh terhadap dalam penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak yang selaras dengan tujuan pendidikan. Melalui hidden curriculum, sekolah sebagai lembaga pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan sesuai dengan dokumentasi kurikulum, namun juga menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan dan mengarahkan kehidupannya di masa yang akan datang, sehingga mampu menghadapi perubahan zaman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bentuk pelaksaan hidden curriculum, strategi pelaksanaan hidden curriculum apa saja dan nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terdapat di MA Al Hidayah 01 Purwareja Klampok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, bentuk pelaksanaan hidden curriculum di MA Al Hidayah 01 Purwareja Klampok adalah kegiatan di dalam kelasdan kegiatan di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas meliputi kegiatan belajar mengajar, kegiatan tadarus rutin dan Jum’at amal, sedangkan kegiatan di luar kelas meliputi kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan bank sampah, kegiatan ziaroh dan rekreasi, zakat fitrah, shalat berjamaah, budaya 5S, serta budaya hidup bersih dan tertib. Melalui beberapa strategi diantaranya keteladanan guru, kepemimpinan kepala sekolah, pembiasan, lingkungan sekolah yang kondusif. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang ditanamkan melalui bentuk pelaksanaan hidden curriculum meliputi kejujuran, keistiqamahan, tolong menolong, disiplin, dermawan, berani, bertanggungjawab, sopan santun serta mencintai kebersihan. Kata Kunci: Pendidikan, Hidden Curriculum, Nilai-nilai pendidikan akhla

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pendidikan Akhlak, Hidden Curriculum
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Febri Anjarwati
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:41
Last Modified: 19 Oct 2020 04:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item