PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR BANYUMAS

Farchatus, Sholihah (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FARCHATUS SHOLIHAH_PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam adalah suatu upaya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam menginternalisasikan nilai-nilai atau keyakinan ajaran agama Islam sebagai pandangan hidup dan sikap hidup kedepannya agar menjadi manusia yang lebih baik atau manusia yang insan kamil. Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus dirasa sangat perlu dan penting. Dengan adanya penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) ini dapat menjadikan mereka memiliki akhlakul karimah atau akhlak yang baik dan menjadi manusia yang taat kepada Tuhan. Penelitian yang penulis lakukan ini bersifat studi lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan proses yang terjadi dilapangan melalui pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi SD Negeri 5 Arcawinangun, metode dan strategi yang digunanakan dalam proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Pendamping Khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik untuk menganalisis data adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi data (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan dari penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus yaitu agar menjadikan anak berkebutuhan khusus memiliki akhlakul karimah atau akhlak yang baik dan menjadi manusia yang taat kepada Tuhan. Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus menggunakan lima metode dan strategi, yaitu ceramah, kisah, pembiasaan, keteladanan (uswah al-khasanah), serta targhib dan tarhib. Sebagai penunjang dari penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus yaitu dengan diadakannya kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti pembiasan sholat dhuhur berjama’ah, memperingati isro’ mi’roj, memperingati hari santri, dan lain sebagainya. Kata Kunci: Penanaman, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farchatus Sholihah sdr
Date Deposited: 16 Oct 2020 06:01
Last Modified: 16 Oct 2020 06:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item View Item