METODE PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NUR ALWI NARTI, NIM. 102335011 (2015) METODE PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NUR ALWI NARTI_METODE PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 SOKARAJA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu cara penyampaian yang dilakukan oleh guru untuk melakukan pembelajaran guna menyampaikan materi pelajaran kepada siswa supaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan disamping itu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metode merupakan komponen yang sangat penting dalam rangka mewujudkan tujuan pembelajaran, maka fungsi metode tidak dapat diabaikan karena metode pembelajaran turut menentukan berhasil atau tidak suatu proses pembelajaran. Sedangkan IPA merupakan ilmu-ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam secara logis dan sistematis, sehingga merupakan sekumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep-konsep atau prinsip yang diperoleh melalui suatu proses penemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang metode pembelajaran apa yang digunakan dan bagaimana pelaksananaan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan mata pelajaran IPA kepada siswa kelas V di MI Ma‟aif NU 1 Sokaraja Tengah. Penelitian yang peneliti lakukan termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran IPA kelas V, dan Kepala Madrasah. Untuk menganalisis menggunkaan analisis deskriptif kualitatif dengan 3 tahap yaitu: reduksi data/ data reduction, penyajian data/data display, dan menarik kesimpulan/verification yaitu berupa data-data yang berupa tertulis maupun lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini peneliti mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan kejadian yang terjadi secara menyeluruh dan dalam keadaan yang sebenarnya di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan metode pembelajaran yaitu: metode ceramah, metoe tanya jawab, metode demonstrasi, metode eksperimen, metode diskusi, metode drill dan metode resitasi (pemberian tugas). Penggunaan metode-metode di atas digunakan guru dengan memvariasikan metode-metode tersebut dalam setiap pembelajaran dalam satu pertemuan untuk menyampaikan materi, sehingga membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar dan membuat prestasi belajarnya baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, dan Ilmu Pengatahuan Alam (IPA).
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 18 Aug 2016 03:56
Last Modified: 18 Aug 2016 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item