NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM BUKU TUHAN TIDAK PERLU DIBELA KARYA ABDURRAHMAN WAHID

Eko Makhmud, Hidayat Masruri (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM BUKU TUHAN TIDAK PERLU DIBELA KARYA ABDURRAHMAN WAHID. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
EKO MAKHMUD HIDAYAT MASRURI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM BUKU TUHAN TIDAK PERLU DIBELA KARYA ABDURRAHMAN WAHID.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

INDONESIA MERUPAKAN NEGARA MAJEMUK YANG MEMILIKI BERANEKA RAGAM RAS, SUKU, BUDAYA, BAHASA, DAN AGAMA SEHINGGA PLURALISME SANGAT DIBUTUHKAN BAGI SETIAP UMAT MANUSIA TERUTAMA WARGA NEGARA INDONESIA. BAHKAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM PUN MENGANJURKAN SETIAP UMATNYA MEMILIKI JIWA PLURALISME. SALAH SATU REFERENSI YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENINGKATKAN PLURALISME YAKNI BUKU KARYA KH. ABDURRAHMAN WAHID YANG BERJUDUL “TUHAN TIDAK PERLU DIBELA”. TUJUAN PENELITIAN INI IALAH UNTUK MENGETAHUI NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM BUKU “TUHAN TIDAK PERLU DIBELA” KARYA KH. ABDURRAHMAN WAHID. PLURALISME MERUPAKAN SUATU PENDIDIKAN YANG MENGAJARKAN UNTUK LEBIH LUAS DALAM BERPIKIR SEHINGGA DAPAT MENYIKAPI AKAN PERBEDAAN SEPERTI ETNIS, TRADISI, BUDAYA, AGAMA, DAN YANG LAINNYA DENGAN MENGGUNAKAN DASAR KEMANUSIAAN, PERDAMAIAN, KEMERDEKAAN, DAN SOLIDARITAS SUPAYA MENJADI SATU KESATUAN YANG MEMILIKI KESAMAAN MAUPUN PERBEDAAN CITA-CITA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN PUSTAKA (LIBRARY RESEARCH) YANG BERSIFAT KUALITATIF DESKRIPTIF. SUMBER DATA YANG DIGUNAKAN TERDIRI DARI SUMBER DATA PRIMER YAITU BUKU “TUHAN TIDAK PERLU DIBELA” KARYA KH. ABDURRAHMAN WAHID DAN SUMBER SEKUNDER YAITU BERUPA BUKU-BUKU, MAJALAH, DAN LITERATUR-LITERATUR YANG RELEVAN DENGAN PENELITIAN INI. TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN INI ADALAH DOKUMENTASI DAN TEKNIK ANALISIS DATA YANG DIGUNAKAN ADALAH CONTENT ANALYSIS. HASIL PENELITIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN PLURALISME DALAM BUKU “TUHAN TIDAK PERLU DIBELA” KARYA KH. ABDURRAHMAN WAHID YAKNI: 1) BUKU TERSEBUT MENGANDUNG NILAI-NILAI PLURALISME BERUPA MORALITAS, TOLERANSI, HUMANIS, DAN PERDAMAIAN. 2) PENDIDIKAN PLURALISME SEJALAN DENGAN PENDIDIKAN ISLAM SERTA DAPAT DIAMALKAN KEPADA SETIAP UMAT MANUSIA TERUTAMA PESERTA DIDIK. KATA KUNCI: PLURALISME, TUHAN TIDAK PERLU DIBELA, PENDIDIKAN PLURALISME.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pluralisme, Tuhan Tidak Perlu Dibela, Pendidikan Pluralisme
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eko Makhmud Hidayat Masruri
Date Deposited: 09 Oct 2020 23:24
Last Modified: 09 Oct 2020 23:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item View Item