STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU LEMBERANG

Diah Ayu, Septya Ningrum (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU LEMBERANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Diah Ayu_Strategi Pembelajaran Kooperatif.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai pendidikan tertentu, sehingga dengan adanya strategi pembelajaran ini dapat berjalan dengan baik untuk tercapainya suatu tujuan pembelajaran yang diinginkan. Strategi pembelajaran kooperatif adalah adalah suatu pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama antarsiswa dalam kelompok adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu, dimana siswa belajar bersama, saling menyumbangkan pikiran dan bertanggungjawab terhadap pencapaian hasil pembelajaran. Dengan adanya strategi pembelajaran kooperatif yang diterapkan pada pembelajaran tematik pada kelas V di MI Ma’arif NU Lemberang dapat membawa hubungan yang positif antara guru dengan siswa. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik di kelas V MI Ma’arif NU Lemberang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian 7 orang siswa kelas V, Ibu guru wali kelas V dan Ibu Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Lemberang yang dapat memberikan informasi terkait dengan masalah yang peneliti lakukan. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan tekhnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai strategi pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif NU Lemberang adalah siswa mendapatkan peningkatan prestasi akademik, pembelajaran kooperatif itu efektif untuk diterapkan pada kegiatan belajar mengajar di kelas, pembelajaran kooperatif itu sangat menyenangkan dan mengasyikan bagi siswa, dan pembelajaran kooperatif itu tidak membosankan bagi siswa. Kata kunci : Strategi, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Dyah Ayu Septya Ningrum
Date Deposited: 06 Oct 2020 12:21
Last Modified: 06 Oct 2020 12:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8135

Actions (login required)

View Item View Item