PENGEMBANGAN BAKAT SENI MUSIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF NU TELUK KEC. PURWOKERTO SELATAN KAB. BANYUMAS

UMI MAR’ATIKURROHMAH, NIM. 1223305116 (2016) PENGEMBANGAN BAKAT SENI MUSIK SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF NU TELUK KEC. PURWOKERTO SELATAN KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
UMI_MAR'ATIKURROHMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Bakat merupakan kemampuan atau potensi yang perlu dikembangkan atau dilatih sehingga mencapai kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus. Setiap anak yang berbakat khususnya dalam seni musik, perlu ditunjukan bahwa bakat yang ia miliki harus dibina, dan harus digunakan sebagai sarana tambahan untuk meningkatkan kreativitas anak. Maka dari itu kegiatan ekstrakurikuler merupakan wadah untuk mengembangkan bakat seni musik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan pengembangan bakat seni musik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kuallitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU Teluk. Subjek penelitian adalah pelatih/pendamping dari masing-masing kegiatan ekstrakurikuler seni musik, siswa atau peserta kegiatan ekstrakurikuler seni musik dan Kepala MI Ma’arif NU Teluk. Objek penelitian adalah pengembangan bakat seni musik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa MI Ma’arif NU Teluk merupakan salah satu madrasah yang berhasil melaksanakan pengembangan bakat seni musik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Hal yang pertama dilakukan untuk mengembangkan bakat seni musik siswa yaitu dengan melakukan proses identifikasi terhadap siswa berbakat yang meliputi tiga tahap, yaitu tahap pemberian angket, studi kasus (pengamatan) dan seleksi. Setelah melakukan proses identifikasi maka siswa masuk ke dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik sesuai dengan hasil proses identifikasi yang telah dilaksanakan, maka masing-masing siswa melaksanakan kegiatan pengembangan bakat seni musik dengan latihan secara rutin disetiap minggunya dengan perasaan senang dan semangat yang tinggi, kemudian siswa lebih mudah dalam memahami segala materi yang diberikan oleh pelatih sehingga bakat siswa dapat berkembang yang ditunjukan dengan penampilan-penampilan di sekolah maupun masyarakat. Kata kunci: Bakat, Seni Musik, Ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Aug 2016 08:10
Last Modified: 16 Aug 2016 08:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item View Item