PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

IBTIHAL YUNIS, NIM. 1223305042 (2016) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MUHAMMADIYAH KRAJAN KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IBTIHAL YUNIS_PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penerapan metode drill yang digunakan dalam pembelajaaran membaca permulaan di kelas I MI Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung bagaimana penerapan metode drill membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dimana peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data dan informasi mengenai penerapan metode drill dalam pembelajaran membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I MI Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016. Data dan informasi yang peneliti peroleh didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode drill membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sudah sesuai dengan teori yang peneliti paparkan di bab II. Dalam pelakasanaan kegiatan pembelajarannya guru kelas I MI Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas meliputi pesiapan seperti penyususan RPP sebelum melakukan pembelajaran. dan memperhatikan beberapa faktor yang meliputi tingkat perkembangan anak,tingkat kesiapan anak dan lain-lain. Semua rangkaian kegiatan pembelajaran membaca permulaan dengan penerapan metode drill sudah berjalan efektif terbukti dengan respon peserta didik yang lebih aktif dan bergembira dengan menunjukan tingkat keantusiasannya dalam mengikuti proses pembelajarannya. Kata Kunci: Metode Drill, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Aug 2016 06:42
Last Modified: 16 Aug 2016 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item